DPM Unwar Gelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Menengah

Oleh : | Senin, 13 Juni 2022 | Dibaca : 61 Pengunjung

DPM Unwar Gelar Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Menengah

Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Warmadewa (DPM Unwar) menyelenggarakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Menengah (LKMM-TM) di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Senin (13/6/22).

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Jiwa Mahasiswa Unwar yang Berkualitas, Bertanggung Jawab dan Memiliki Jiwa Kepemimpinan serta Penuh Kepedulian” ini dibuka langsung oleh Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Kabag Kemahasiswaan, DPM dan BEM Unwar, DPM dan BEM Fakultas di lingkungan Unwar, Unitas di lingkungan Unwar dan seluruh peserta LKMM-TM.

Narasumber dalam LKMM-TM :
- Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., (Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali) dengan materi Berfikir Kritis dan Manajemen Konflik dalam Berorganisasi.
- Dr. Ir. I Wayan Parwata, M.T., IPM., (Wakil Rektor III Unwar) dengan materi Kebijakan Bidang Kemahasiswaan.
- Dr. Agus Darma Yoga Pratama, S.S., M.Hum., (Kepala BAKERMAS Unwar) dengan materi Komunikasi Organisasi.

Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam nilai luhur Sapta Bayu sudah ada kepemimpinan Asta Brata yang mana pemimpin harus mampu mengamalkan ajaran Asta Brata dalam menajalankan organisasinya. Kepemimpinan yang kuat adalah seorang pemimpin yang mampu mempengaruhi dan memberdayakan segala sumber daya khususnya sumber daya manusia. Pola-pola kemimpinan yang ada dalam Asta Brata sangat baik untuk di implementasikan. “Menjadi seorang pemimpin harus tegas, mampu menjunjung integritas, jujur, disiplin, dan memiliki wawasan yang luas. Saya mewakili Bapak Rektor memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh panitia yang sudah bisa melaksanakan LKMM-TM, karena kegiatan ini sangat penting untuk bekal adik-adik setelah menjadi lulusan nanti. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, seorang pemimpin jangan mengharapkan pujian tetapi harus siap di caci maki untuk menjadi pemimpin yang kuat”, pungkasnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyampaikan bahwa memiliki jiwa kepemimpinan merupakan salah satu hal yang sangat penting terutama dalam berorganisasi. Seorang pemimpin idealnya memiliki jiwa kepemimpinan karena dia harus memimpin orang lain bukan hanya memimpin dirinya sendiri. Seorang pemimpin dikatakan harus memiliki kemampuan manajemen yang baik. Manajemen organisasi adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasaan sumber daya organisasi, yang mana setiap orangnya memiliki tugas, peran dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi. Pemimipin harus dapat merencanakan segala sesuatu secara matang, semua rencananya juga harus berjalan sesuai rencana dan tersusun secara sistematis. Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa pemimpin yang sukses sudah pasti adalah pemimpin yang berpikir kritis, bukan pemimpin yang berpikir pasif atau terima-terima saja. Dengan berpikir kritis, menandakan bahwa seseorang melihat satu masalah dari berbagai sisi, sehingga bisa menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut.

Humas Unwar Melaporkan



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA