Survei Kepuasan terhadap Layanan Pendidikan
Kepuasan Pengguna
Pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap para pemangku kepentingan: mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra yang memenuhi aspek-aspek berikut:
-
menggunakan instrumen kepuasan yang sahih, andal, mudah digunakan.
-
dilaksanakan secara berkala, serta datanya terekam secara komprehensif.
-
dianalisis dengan metode yang tepat serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan.
-
tingkat kepuasan dan umpan balik ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan mutu luaran secara berkala dan tersistem.
-
review terhadap pelaksanaan pengukuran kepuasan para pemangku kepentingan.
-
hasilnya dipublikasikan dan mudah diakses oleh para pemangku kepentingan.
Capaian kinerja pada standar tata pamong, tata kelola dan kerjasama tidak hanya dilihat pada capaian indikator yang telah ditetapkan namun demikian harus juga diperhatikan tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan sistem tata pamong, tata kelola dan kerjasama, Hal ini telah dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
-
menyediakan instrumen-instrumen kepuasan.
-
memvalidasi instrumen-instrumen kepuasan.
-
menyebarkan instrumen kepuasana kepada dosen dan tenaga kependidikan serta mahasiswa dan lulusan.
-
melakukan analisis data.
-
menyusun laporan dan visualisasi data.
-
menyusun rekomendasi.
-
meminta pimpinan melakukan rapat tinjauan manajemen tentang hasil evaluasi kepuasan.
Adapun hasil visualisasi kepuasan pengguna terhadap standar tata pamong, tata kelola dan kerjasama sebagai berikut.
Tabel Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Pendidikan
Aspek
|
Kriteria
|
Tahun |
TS-2 |
TS-1 |
TS |
Tangible
|
Sangat Baik |
38.3 |
34.7 |
62.4 |
Baik |
45.8 |
50.1 |
25.3 |
Cukup Baik |
14.2 |
13.8 |
11.1 |
Tidak Baik |
1.8 |
1.4 |
1.1 |
Skor |
3.21 |
3.18 |
3.49 |
Reliability
|
Sangat Baik |
31.5 |
36.3 |
39.2 |
Baik |
49.1 |
47.8 |
46.9 |
Cukup Baik |
16.4 |
13.2 |
12.1 |
Tidak Baik |
3 |
2.7 |
1.9 |
Skor |
3.09 |
3.18 |
3.24 |
Emphaty
|
Sangat Baik |
27.6 |
32.8 |
37.4 |
Baik |
55.3 |
54.5 |
48.3 |
Cukup Baik |
14.9 |
11.1 |
11.6 |
Tidak Baik |
2.2 |
1.6 |
2.7 |
Skor |
3.08 |
3.19 |
3.2 |
Assurance
|
Sangat Baik |
27.8 |
33.1 |
40.7 |
Baik |
58.2 |
53.9 |
47.1 |
Cukup Baik |
13.3 |
11.2 |
11.6 |
Tidak Baik |
0.7 |
1.8 |
0.6 |
Skor |
3.13 |
3.18 |
3.28 |
Responsivines
|
Sangat Baik |
22.4 |
28.8 |
35.9 |
Baik |
57.1 |
56 |
48.7 |
Cukup Baik |
17.5 |
13.5 |
13.9 |
Tidak Baik |
3 |
1.8 |
1.6 |
Skor |
2.99 |
3.12 |
3.19 |
Rata-rata Skor |
3.1 |
3.17 |
3.28 |
Grafik Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Pendidikan
Berdasarkan hasil analisis data persentase kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan dapat disimpulkan terjadi peningkatan yang menyatakan sangat puas dan puas pada dari TS-2 s/d TS Hal ini disebabkan oleh karena kesadaran dosen atas tugas dan tanggungjawabnya semakin meningkat.