• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Sekolah Vokasi

  • Dibaca: 2118 Pengunjung

Jenis Pendidikan Tinggi

Pendidikan Tinggi terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan professional atau vokasi. Pendidikaan akademik merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan pendidikan professional/vokasi merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Kedua jenis pendidikan masing masing dibagi kembali sebagai berikut:

1.       Pendidikan Akademik

a.       Pendidikan Sarjana

b.      Pendidikan Pasca Sarjana

-          Program Magister

-          Program Doktor

2.       Pendidikan Profesional/Vokasi

a.       Program Diploma I (Ahli Pratama)

b.      Program Diploma II (Ahli Muda)

c.       Program Diploma III (ahli Madya)

d.      Program Diploma IV (Sarjana Terapan)

e.       Program Magister Terapan

f.        Program Doktor Terapan

Sesuai dengan Permmenristekdikti no. 51 tahun 2018, maupun Permendikbud no. 7 tahun 2020, Perguruan Tinggi dapat berbentuk Akademi, Politeknik, SekolahTinggi, Institut atau Universitas. Pengertian dari masing masing satuan pendidikan sebagai berikut:

1. Akademi:

Menyelenggarakan program pendidikan professional/vokasi pada satu cabang atau sebagian cabang iptek, atau kesenian tertentu.

2. Politeknik:

Menyelenggarakan program pendidikan professional/vokasi pada beberapa bidang pengetahuan khusus.

3. Sekolah Tinggi:

Menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau professional/vokasi dalam satu disiplin ilmu tertentu.

4. Institut:

Menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau professional/vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi, dan atau kesenian yang sejenis.

5. Universitas:

Menyelenggarakan program pendidikan akademik dan/atau professional/vokasi dalam beberapa disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi, dan atau kesenian tertentu.

Universitas Warmadewa sudah memiliki beberapa prodi vokasi, diantaranya:

1.       Prodi D4 Akuntansi Perpajakan; sesuai dengan SK Menristekdikti: 92/KPT/I/2019.

Prodi ini bekerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga terkait guna menunjang kompetensi lulusan program D4 Akuntansi Perpajakan, seperti Kantor Pajak Daerah, Lembaga / Konsultan Pajak, maupun para ahli perpajakan lainnya.

2.       Prodi D3 Sistim Informasi Akuntansi; sesuai dengan SK Menristekdikti: 401/KPT/I/2019.

Prodi ini bekerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga terkait guna menunjang kompetensi lulusan program D3 Sistim Informasi Akuntansi, seperti Per-bank-an, Lembaga / Kantor Akuntan, maupun para ahli dibidang akuntasi dan sistim informasi lainnya

3.       Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi; sesuai dengan SK Mendikbud: 485/M/2020.

Prodi ini bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Telekomunikasi, baik yang fixed line maupun yang mobile line (cellular). Baik yang menggunakan jaringan kabel physic, kabel optics, maupun yang menggunakan radio.

Program Studi Teknologi Telekomunikasi.

Tahun studi 2020-2021 ini Sekolah Vokasi Unwar kembali memluncurkan Prodi Baru, yakni prodi D3 Teknologi Telekomunikasi. Prodi ini satu satunya di Wilayah Kopertis-8 Bali Nusra, disamping 2 prodi yang sudah ada, masing masing D4 Akuntansi Perpajakan dan D3 Sistim Informasi Akuntansi.

Tentunya banyak yang bertanya tanya, apakah itu Teknik atau Teknologi Telekomunikasi itu? Teknologi Telekomunikasi amat sangat berperan dalam kemajuan Dunia modern yang serba Digital dan serba langsung dan cepat. Kalau kita umpamakan seperti didunia transportasi, maka kendaraan logistic itu sangat penting. Bagaimana barang-2 dapat kita kirimkan ketempat lain, apakah itu jarak dekat apa lagi kalau jaraknya jauh. Bagaimana kita mengemas barang-2 tersebut supaya dapat diterima oleh penerima dalam keadaan baik dan utuh, selama dibawa oleh pick up atau truk/kontaainer atau mungkin juga dibawa dengan Kereta Api, bahkan kapal laut atau pesawat cargo.

Begitu pula dalam dunia Informatika dan Telekomunikasi. Paket atau cargo itu adalah informasi, sementara kendaraan yang membawa informasi itu adalah Telekomunikasi. Cargo / paket itu harus dikemas sesuai dengan standar tertentu, demikian juga kendaraan yang akan membawa paket atau cargo tersebut tersebut harus dapat memindahkan muatannya dengan cepat, aman dan tepat sampai ke tujuan. Makin besar kapasitas kendaraan, makin besar pula kapasitas kemampuan pemindahkan / atau pengiriman informasi itu. Kapasitas “pengiriman paket atau cargo” dalam sistim tranfortasi, itu tergantung kepada jenis kendaraan yang digunakan, dan tergantung pada akses atau jalan yang tersedia, apakah jalan raya, akses laut, atau akses udara dengan semua kelengkapannya.

Perusahaan-2 yang bergerak dibidang telekomunikasi seperti PT Telkom Indonesia TBk, Telkomsel, Excelkomindo, PT. Indosat TBk, dan lain lain, banyak memerlukan tenaga-tenaga ahli tingkat menengah (Ahli Madya/D3) untuk menjalankan operasional maupun maintenance jaringan maupun sistim operasinya. Sampai saat ini kebutuhan tenaga professional tingkat menengah perusahaan telekomunikasi ini, hampir seluruhnya diisi oleh tenaga dari lulusan PT Vokasi dari Jawa. Demikian pula dengan tenaga ahli yang melaksanakan perluasan akses/jaringan telekomunikasi, baik fisik maupun radio, yang lebih dikenal dengan nama tower provider, banyak memerlukan tenaga ahli madya dibidang telekomunikasi.

Pada saat ini generasi milenial khususnya di Bali sudah memahami dari sisi penggunaan  teknologi Informasinya, yang terus berkembang luas dan pesat, namun banyak yang belum (ingin) mempelajari dari sisi teknologi transmissinya (telekomunikasi).


 

  • Dibaca: 2118 Pengunjung