• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Lembaga Pengabdian Masyarakat

  • Dibaca: 2383 Pengunjung

PROFIL

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM)

Sains, Inovation, Network

UNIVERSITAS WARMADEWA

Jalan Terompong No 24 Tanjung Bungkak, Denpasar 80235 – Bali Tlp. +62-223858 ex 21. Fax +62 361-235073 http//www.warmadewa.ac.id

 

 

BAB.I 

PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang

Menjelang usia 30 tahun perjalanan waktu yang sangat ideal untuk membuat Universitas Warmadewa semakin dewasa baik dalam pengelolaan maupun out put sarjana yang dilahirkan. Seiring dengan hal tersebut, kepercayaan masyarakat pun semakin tinggi sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping itu, yang membuat Universitas Warmadewa menjadi perhatian istimewa adalah letak lokasinya yang sangat nyaman, strategis, tidak jauh dari pusat keramaian dan pusat kota, tapi tidak bising. Penataan kampus yang sangat teratur dengan perimbangan ruang terbuka dengan gedung-gedung sangat ideal. Ruang terbuka yang dimanfaatkan sebagai areal parkir dan tetamanan yang indah dan asri dengan pohon-pohon peneduh yang rindang sehingga membuat suasana yang nyaman. Lebih-lebih dengan fasilitas-fasilitas yang ada seperti kursi-kursi taman dengan fasilitas internet gratis yang membuat mahasiswa semakin betah belajar di kampus Universitas Warmadewa. Universitas Warmadewa  (Unwar) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berdiri tanggal 17 Juli tahun 1984, berada di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali. Universitas yang beralamat di jalan Terompong No. 24 Tanjung Bungkak Denpasar ini  memiliki  7 Fakultas dan 14 program studi (S1)yang telah terakreditasi. Ke tujuh Fakultas tersebut adalah Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan,sedangkan untuk Program S2 yang sudah beroperasi antara lain: S2 Bidang Ilmu Hukum, S2 Bidang Lingustik, dan S2 Bidang Manajemen. Program pengembangan Unwar diarahkan pada keluaran dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pendidikan, sampai tahun ajaran 2013/2014 Unwar telah menghasilkan lulusan sejumlah 23.622 orang. Sedangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Warmadewa memiliki Lembaga Penelitian (PUSLIT) dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM).

1.2   TUJUAN

  1. Mengembangkan hasil– hasil penelitian dalam bentuk  pengabdian kepada masyarakat beserta sarana dan prasarananya agar dapat tercapai pengembangan LPM sebagai inspirator, inovator pembangunan baik lokal regional maupun nasional.
  2. Menciptakan atmosfir akademik kelembagaan yang kondusif untuk kegiatan, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Lingkungan.
  3. Menciptakan sumber daya peneliti yang kreatif, produkfif, kompetitif, proaktif yang mengedepankan kerja tim / institusi dan yang mampu menerapkan produk penelitian bagi kepentingan masyarakat pengguna (stake holder)
  4. Menciptakan dan meningkatkan kerjasama intra universitas, antar universitas, antar lembaga di tingkat lokal,regional,nasional dan internasional.

 1.3   Tugas LPM

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Warmadewa sebagai Pusat pengembangan  Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil penelitian, mempunyai tugas utama yaitu merencanakan, menyusun, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Warmadewa. Selain tugas utama lembaga harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi Inovation), membangun jaringan (Network) dibidang ilmu pengethuan (Sains) dan teknologi berupa hasil penelitian dalam rangka mendukung upaya Universitas Warmadewa menuju Universitas berkualitas di Indonesia dan Internasional. Untuk mendukung pencapaian tersebut, perlu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah,swasta dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

 1. 4 VISI.

LPM Universitas Warmadewa menjadi lembaga yang terkemuka dalam pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian di bidang sains, dan teknologi, serta berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan International, berlandaskan nilai-nilai integritas, kualitas, dan inovasi yang tinggi serta berwawasan Lingkungan.

1.5 M i s i

  1. Membangun karakter bangsa melalui penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian yang berkualitas dan berwawasan Lingkungan
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, serta mengembangkan unit-unit kajian akademik di lingkungan universitas yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.
  3. Memupuk tumbuhnya sinergi, baik di dalam maupun di luar Universitas Warmadewa, dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan payung pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS;
  5. Menerapkan hasil- hasil penelitian unggulan dan meningkatkan kiprah Universitas Warmadewa dalam hal penelitian dan publikasi bertaraf internasional;
  6. Meningkatkan perolehan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) Dosen maupun mahasiswa;
  7. Mendorong Industrialisasi pedesaan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna;
  8. Memberdayakan masyarakat dengan mengangkatnya dari keterbelakangan, mengentaskannya dari kemiskinan, meningkatkan kemampuan sebagai subyek pembangunan melalui proses pengembangan metode ilmiah.
  9. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan lokal, nasional, internasional, dan kemanusiaan;
  10. Melaksanakan konsep Tri Hita Karana dalam atmosfir akademik di kampus Universitas Warmadewa.    

    

   RISET UNGGULAN LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

      UNIVERSITAS WARAMADEWA        

2016/2017

 

 

 

               BAB. II   

                                FUNGSI LEMBAGA PENGABDIAN                

               MASYARAKAT

 

Dalam melaksanakan tugas-tugas berkaitan dengan pengabdian, LPM dibantu oleh pusat kajian di masing- masing Prodi Fakultas yang berfungsi:

  1. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Melakukan pendataan, dokumentasi, dan publikasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat baik yang dilakukan dosen dan/atau mahasiswa.
  3. Menerbitkan majalah pengabdian Universitas Warmadewa.
  4. Mengkoordinasikan dan mempersiapkan pelaksanaan pengabdian antar bidang, desa binaan, dan kuliah kerja nyata atau sejenisnya.
  5. Membuat pusat kajian dimasing - masing prodi fakultas
  6.  Membuat fokus diskusion group (FGD) antar bidang keahlian
  7. Membuat/memperbaharui pedoman/ketentuan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Membuat dan merencanakan persiapan instrument/kelengkapan kuliah kerja nyata (KKN) dan kerjasama pengabdian kepada masyarakat.
  9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan ketua LPM.

Untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsinya, LPM dipimpin oleh ketua LPM yang bertanggungjawab kepada Rektor. Ketua LPM dibantu oleh Kepala Bidang Penelitian dan Sekretaris beserta staf. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi Ketua LPM berkoordinasi dengan Wakil Rektor I dan Pimpinan Fakultas di lingkungan Universitas Warmadewa.

2.1.  Mendukung Komitmen Pola Ilmiah Pokok Unwar “Lingkungan”  yang Berbasis  Kepariwisataan.

Universitas Warmadewa menempatkan “ lingkungan” sebagai pola ilmiah pokok (PIP ) yang berbasis pada lingkungan kepariwisataan (Green Eco tourism) senantiasa kritis, tanggap dan kreatif dalam menangkap dan menyikapi Global Isu yang bersifat kekinian yaitu “lingkungan”. Kekritisan dan ketanggapan tersebut menyebabkan Unwar semakin tinggi tingkat kepeduliannya terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat dan dunia internasional. Pola Ilmiah Pokok yang berbasis lingkungan kepariwisataan tersebut dapat diartikan bahwa seluruh kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh seluruh prodi atau unit-unit yang ada di Universitas Warmadewa selalu dikaitkan dengan kepedulian terhadap lingkungan kepariwisataan. Atau seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Warmadewa berbasis tata kelola, kepedulian, pengendalian, dan pelestarian terhadap lingkungan. Pengertian  lingkungan yang dimaksudkan di sini adalah menjaga hubungan timbal balik antara komponen abiotik (tanah, air udara), biotik (tanaman, hewan) dan culture (manusia) dan mengelola dampak yang terjadi akibat interaksi tersebut. Pengelolaan lingkungan didasari konsep Trihita Karana  yang menekankan adanya keseimbangan, keserasian dan keselarasan antara pembangunan bidang teknologi, ekonomi dan lingkungan. Hal ini sesuai kebijakan pembangunan pemerintah dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan , yang tertuang pada Perda No.16 tahun 2009 tentang rencana tata ruang yang mengangkat nilai nilai budaya dan keselarasan fungsi lingkungan hidup. Landasan filosofis LPM Universitas Warmadewa dalam mendukung Pola Ilmiah Pokok  “lingkungan“ berbasis lingkungan kepariwisataan (Green Eco Toursm) yang dikembangkan oleh Universitas Warmadewa adalah :

  1. Nilai budaya agama Hindu yang tertera dalam ajaran Tri Hita Karana yang menyiratkan konsep keterikatan manusia terhadap lingkungan spiritual dan ketuhanan, keterikatan dan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan sosial kemasyarakatan berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan serta tanggung jawab manusia terhadap kelestarian alam dan kelangsungan hidup hayati.
  2. Etika dan moralitas yang bersumber dari ajaran agama, nilai budaya nusantara, pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Spirit agung Sri Kesari Warmadewa sebagai bingkai umum dalam setiap gerak kreativitas yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Warmadewa.
  4. Sikap bijak yang senantiasa dikembangkan oleh setiap insan Universitas Warmadewa sesuai dengan motto Guna Widya Sewaka Nagara yang bermakna ilmu pengetahuan, teknologi dan seni diabdikan untuk kepentingan pembangunan nusa dan bangsa dalam mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  5. “Mutu Terjamin, Biaya Terjangkau” adalah semboyan yang selalu menjadi pedoman dalam pengelolaan Universitas Warmadewa.

Berdasarkan landasan filosofis tersebut LPM Universitas Warmadewa berusaha meningkatkan pengelolaan lembaga, kinerja para petugas, dan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang ilmiah , inovatif dan berkelanjutan. Hal ini sangat penting dan secara terus-menerus diupayakan untuk mewujudkan LPM benar-benar mampu mengemban tugas dan mengembangkan tri dharma di bidang pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian. Intensitas pengembangan bidang pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian akan memberi kontribusi terhadap kualitas institusi dan Universitas Warmadewa semakin dipercaya oleh masyarakat umum.

Dalam upaya peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakatberbasis hasil penelitian , LPM Universitas Warmadewa dilengkapi pula dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti beberapa Pusat Kajian, Fokus Discussion Group (FGD), laboratorium yang dikelolala dimasing-masing prodi Fakultas.Medokumentasikan dan mempublikasikan hasil-hasil  kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dosen maupun mahasiswa dipandang sangat penting dilakukan. Perpustakaan Pusat dan Fakultas adalah tempat pendokumenan hasil-hasil kegiatan pengabdian berbasis hasil penelitian tersebut. Wadah publikasi dari hasil-hasil penelitian tersebut, salah satunya adalah Jurnal Ilmiah  yang dikelola oleh LPM Unwar, dan majalah/jurnal ilmiah lainnya yang dikelola oleh fakultas-fakultas. Di samping itu pendokumentasian sekaligus publikasi hasil kegiatan dapat dilakukan melalui media internet yakni Website Universitas Warmadewa.

.2.2    MEMBANTU DALAM  Pengelolaan Universitas Warmadewa

Dalam menjalankan tugas di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LPM berfungsi:

  1. Membantu pimpinan Universitas menyelesaikan tugas-tugas dalam bidangnya.
  2. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan penelitian dosen dalam setiap tahun berupa penelitian individu, kelompok (antar bidang), dan multidesiplin ilmu, baik yang dibiayai sendiri oleh dosen, biaya universitas, hibah dari pemerintah maupun donasi lainnya.
  3. Merencanakan dan melakukan kegiatan pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen.
  4. Mendata/mendokumentasikan dan mengevaluasi kegiatan penelitian yang dilakukan dosen dan rekomendasi untuk dipublikasi serta kemungkinan tindak lanjut pengabdian kepada masyarakat.
  5. Melayani mahasiswa dan dosen dalam proses izin dan/atau penelitian kepada instansi pemerintah dan/atau swasta yang dijadikan objek penelitian.
  6. Merencanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pengabdian dosen dan/atau mahasiswa, baik pengabdian antar bidang, multi, termasuk desa binaan.
  7. Merencanakan dan melaksanakan kuliah kerja nyata atau sejenisnya yang diikuti oleh mahasiswa dari semua Fakultas.
  8. Mendata, mendokumentasikan, dan  mempublukasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  9. Merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik dengan pemerintah maupun pihak swasta.
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Di samping fungsi dan tugas pokok yang harus dijalani sesuai dengan job description, ada tugas lain yang sangat penting dan utama diemban oleh LPM Unwar adalah memotivasi, mendorong dan memberi ruang dan waktu kepada dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya. Apabila kebiasaan dan kemahiran meneliti dan mengabdi dari para dosen dan mahasiswa, maka akan tercipta iklim dan budaya meneliti dan mengabdi di kalangan dosen dan mahasiswa di Universitas Warmadewa sehingga akan banyak penemuan hasil penelitian yang dapat diabdikan kepada masyarakat dan bangsa.

2.3   MEMBANTU DALAM  BIDANG PENELITIAN

Dalam melaksanakan tugas–tugas berkaitan dengan penelitian, LPM dibantu oleh Bidang Penelitian  yang berfungsi:

  1. Merencanakan pelaksanaan penelitian dosen dan melakukan evaluasi tahunan.
  2. Melakukan proses administrasi penelitian dosen dan /atau mahasiswa.
  3. Melakukan pendataan, dokumentasi,dan publikasi penelitian.
  4. Menerbitkan majalah/jurnal ilmiah Universitas.
  5. Membantu dan memperbaharui berbagai pedoman/ketentuan penelitian.
  6. Membuat/ mempersiapkan instrument kelengkapan kerjasama penelitian.
  7. Melakukan tugas-tugas lain yang dilakukan oleh Ketua LPM. Dalam menjalankan tugas dan fungsi tersebut, bidang penelitian dibantu oleh kelompok-kelompok pusat kajian yang melibatkan dosen sesuai bidang masing-masing.

2.4   MEMBUAT JURNAL/PUBLIKASI

LPM  Universitas Warmadewa melalui pusat kajian  dimasing- masing prodi akan  mengelola Jurnal Ilmiah yang diberi judul “ Green Eco Toursm”. Jurnal ini adalah salah satu fasilitas yang dimanfaat untuk mendokumentasikan sekaligus mempublikasikan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan artikel-artikel dari para dosen. Sebagai bentuk konsistensi pencanangan lingkungan sebagai pola ilmiah pokok (PIP) Universitas Warmadewa yang berbasis lingkungan kepariwisataan, maka hanya hasil-hasil penelitian dan artikel-artikel yang bernuansa lingkungan kepariwisataan  (Green EcoToursm)  lingkungan saja yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ini. Untuk hasil penelitian atau artikel-artikel yang layak dan dapat dimuat dalam jurnal ini, tentu harus melalui proses editasi dan prosedur lainnya yang ditetapkan oleh dewan redaksi pelaksana.

11. Tri Hita Karana Award

Sebagai salah satu unit pelaksana Tri Darma Perguruan Tinggi dan pola ilmiah pokok yang berbasis lingkungan, LPM Universitas Warmadewa melalui bidang Pengabdian kepada Masyarakat membentuk unit kegiatan yang berfokus kepada penanaman nilai-nilai luhur Tri Hita Karana kepada seluruh civitas akademika Universitas Warmadewa. Hal-hal yang telah dilakukan adalah menanamkan kesadaran tentang pentingnya srada dan bakti kepada Ida Sanghyang Widhi/Tuhan Yang Maha Esa. Betapa pentingnya mengedepankan rasa welas asih dan pengendalian diri dalam berinteraksi di masyarakat. Demikian pula dengan pentingnya menjaga, memelihara, dan melestarikan lingkungan yang asri sehingga tercapai keharmonisan hidup dan kehidupan. Hal-hal yang telah dicapai dalam upaya ini adalah tampaknya peningkatan kesadaran spiritual, kerukunan dan keakraban di kalangan civitas akademika, dan terlihat secara signifikan keasrian kampus Universitas Warmadewa. Hal lain yang sangat membanggakan adalah perolehan “Gold Medal” tiga kali secara berturut-turut dari tahun 2009 dan dua kali memperoleh “Emerald”sejak pertama kali kampus Universitas Warmadewa ikut serta dalam THK Award sampai tahun 2013. Yang paling penting dilakukan ke depan adalah meningkatkan kesadaran seluruh insan kampus tentang pentingnya pelaksanaan Tri Hita Karana dengan baik. Untuk memotivasi kesadaran tersebut perlu dilakukan pemberian penghargaan terhadap orang-orang yang peduli dan berprestasi di bidang Tri Hita Karana ini.

12.  Pelaksanaan Kegiatan dan Kerja Sama.

Terkait dengan tugas pokok dan fungsinya, LPM telah melakukan  beberapa kegiatan penelitian dan pengabdian masyaraka baik yang dibiayai Universitas, pemerintah maupun  kerjasama dengan pihak-pihak lain. Penelitian yang dibiayai Universitas dilakukan setiap tahun meliputi penelitian individu, penelitian kelompok, dan kelompok kajian. Sedangkan penelitian yang dibiayai pemerintah (Hibah) dilakukan dengan kompetensi Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Pada Tahun 2009 LPM berhasil mendapatkan Hibah Dikti sejumlah 11 penelitian meliputi penelitian Fundamental, Hibah bersaing Dosen Muda, dan Hibah Kompetitif. Sedangkan pada tahun 2010 berhasil memperoleh Hibah Dikti sejumlah 5 penelitian berupa penelitian Dosen Muda, Kajian Wanita, dan Hibah Kompetitif. Tahun 2011 LP2M berhasil mendapatkan Hibah Dikti sejumlah   3 penelitian meliputi penelitian Fundamental, Hibah bersaing dan Stranas 1  Tahun 2012 LP2M berhasil mendapatkan Hibah Dikti sejumlah 3 penelitian meliputi penelitian Fundamental, Hibah bersaing dan Stranas. Tahun 2013 LP2M berhasil mendapatkan Hibah Dikti sejumlah 5 penelitian meliputi penelitian Fundamental 2 penelitian, Hibah bersaing 1 penelitian, Stranas 1 penelitian dan Hibah Doktor 1 penelitian.Di bidang pengabdian LPPM tahun 2013 mendapat hibah Pengabdian (IbM) sebanyak 1 pengabdian di Kabupaten Jembrana, juga mengadakan pengabdian setiap tahun yang dibiayai Universitas. Pengabdian yang dilakukan berupa pengabdian antar bidang ilmu dan Desa Binaan. Pada Tahun 2012 Melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Serokadan Kecamatan Susut Bangli dalam rangka Pembuatan Awig-awig Desa Serokadan. Pada tahun 2013 LP2M menjadikan Desa Jatiluwih Kecamatan Penebel Tabanan sebagai Desa Binaan melibatkan Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Sastra dan Magister Linguistik Unwar.Untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian, LP-2M  mengelola jurnal bernama Wicaksana Jurnal Lingkungan . LP2M juga melakukan kegiatan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain:

  1. Menyelenggarakan pelatihan dosen dalam penulisan artikel ilmiah se Indonesia di Hotel Dyana Pura, bekerjasama dengan Dikti (2008).
  2. Mengadakan Seminar Nasional di Kampus Unwar, bekerjasama dengan DPD RI (2008).
  3. Mengadakan Seminar Nasional di Puri Agung Gianyar, kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Puri Agung Gianyar (2009).
  4. Mengadakan LKTI se- Bali yang diikuti seluruh SMA/SMK (2009).
  5. Mengadakan Seminar Nasional  Program LP-2M Unwar (2009).
  6. Menjadi penyelenggara Monev yang diselenggarakan Dikti bagi Perguruan Tinggi se-Bali (2009).
  7. Menerima Hibah Jurnal dari Dikti (2009).
  8. Mengikuti Lokakarya Jurnal di FIB UI (2009).
  9. Menyelenggarakan pelatihan penulisan artikel ilmiah menuju jurnal terakreditasi melalui dana hibah (2009).
  10. Mengadakan pelatihan penulisan proposal hibah penelitian bagi dosen di lingkungan Universitas Warmadewa  (2009).
  11. Mengadakan seminar Internasional tentang jurnal dan Hak Cipta dengan  narasumber dari UI, YRCI, dan Singapura.
  12. Mendapatkan emas dalam mengikuti akreditasi THK tahun 2009, 2010, dan 2011.
  13. Menyelenggarakan pelatihan perumusan kebijakan pembangunan responsif gender, kerjasama dengan Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan LP-2M IPB (2011).
  14. Melakukan beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bekerjasama dengan Kabupaten/Kota se Bali.
  15. Bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali sebagai Tim Teknis Komisi Penilai AMDAL Provinsi Bali tahun 2012- 2013.
  16. Mengadakan Kerjasama dengan PT Chartra Putra Indonesia(CPI) dalam upaya program energy baru terbarukan dengan material Limbah Bambu di Kabupaten Bangli tahun 2012-2013.
  17. Mengadakan Kerjasama dengan PT Long Ping HighTechk dalam upaya program pengembangan Padi Hibrida di Bali  tahun 2012-seterusnya.
  18. Mengadakan kerjasama dengan Pemda Kabupaten Bangli dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat(Pos Daya) Kabupaten Bangli tahun 2012 – seterusnya.
  19. Menyelenggarakan kerjasama dengan antar LP2M  PTN dan PTS seBali dan Nusa Tenggara dalam rangka membetuk Forum pada Tahun 2012. Program ini terus berlanjut pada tahun berikutnya sampai terbentuknya Forum dan aktivitas kebersamaan antar anggota Forum.
  20. Mendapatkan Penghargaan Emas (Gold) dalam mengikuti akreditasi THK tahun 2009, 2010, dan 2011.
  21. Mendapatkan Penghargaan Emerald dalam mengikuti akreditasi THK tahun 2012.
  22. Mendapatkan Penghargaan Emerald dalam mengikuti akreditasi THK tahun 2013
  23. Membangun Jejaring tentang Perubahan Iklim dari Pusat Penelitian Lingkungan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia tahun 2013

 13.  Pengelola LPM Universitas Warmadewa

Sesuai dengan struktur dan fungsi kelembagaan, LPM membidangi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Para pengelola LPM Universitas Warmadewa sejak berlakunya SK Rektor Nomor: 816/Unwar/KP-02/2016 tertanggal 31 Mei 2016 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural dan Mutasi Staf Administrasi di Lingkungan Universitas Warmadewa, maka Para pengelola LPM Universitas Warmadewa adalah :

Kepala Bidang LPM                     : Dr.Drs.I. Wayan Wesna Astara,SH,M.Hum

Alamat                                         : Jalan Nusantara No 8 Tuban

Telephon / HP                              : 08123904581

Fax                                              : 0361 235073

E-mail                                           : wesnaastara@gmail.com

Sekretaris  LPM                            : Dr. Ir. I. Ketut Irianto. Msi

Alamat                                          : Jalan Tari Kecak. No. 17 Denpasar

 Telepone/Hp                                 :  (0361) 413394. Hp 082145 381381

Email                                             : Iriantoketut@ yahoo co id

Staf 1    LPM                                 : Ni Putu Astini

Alamat                                           :  Jalan Cekomaria Gg Lely I No 1 Pweguyangan Kangin   Denpasar.

Telephon / HP                                 :  08116522660

  • Dibaca: 2383 Pengunjung