• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Dibaca: 6710 Pengunjung

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL)

PROFIL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS WARMADEWA

 

1.   Pendahuluan

          Pembangunan di bidang pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah bersama-sama dengan masyarakat, hal ini merupakan upaya pengejawantahan salah satu cita-cita nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Proses pencerdasan kehidupan bangsa ini salah satunya dengan mengembangkan pendidikan tinggi melalui tiga pilar yaitu pemerataan dan perluasan akses pendidikan; peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; serta penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.

          Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia memikul kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dalam pasar kerja dan dapat diterima masyarakat. Karena itu perlu dibuat suatu arahan yang terencana dengan baik dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan tinggi berdasarkan pada kondisi Fisipol Unwar saat ini yang memiliki dosen tetap sebanyak 22 orang serta dibantu oleh 5 orang tenaga administrasi yang melayani 300 orang mahasiswa.

          Berpijak pada tiga pilar pengembangan pendidikan tinggi di atas, Fisipol Unwar menentukan arah rencana pendidikan tinggi dalam naskah Rencana Strategis (Renstra). Pada bidang pemerataan dan perluasan akses pendidikan diarahkan untuk meningkatkan daya tampung dan perluasan informasi melalui media cetak, media elektronik, dan teknologi informasi. Bidang peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing diupayakan melalui pengembangan kurikulum  yang berbasis kompetensi (KBK) dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) terkait dengan relevansi dan kebutuhan pasar kerja serta kebutuhan masyarakat. Untuk maksud tersebut, maka dikembangkan model pembelajaran yang berbasis pada masalah metode PBL (problem based learning). Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik dikembangkan melalui peningkatan kualitas manajemen dan administrasi akademik yang berbasis teknologi informasi. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana penunjang teknologi informasi.

          Pengembangan pendidikan tinggi pada Fisipol Unwar juga dilakukan dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, baik tenaga edukatif, administratif maupun unsur penunjang lainnya. Hal itu diupayakan untuk mengarah pada profesionalisme pendidikan, pelayanan akademik, dan administratif.

          Memperhatikan dan menyimak keinginan luhur di atas, dan berdasarkan kepada upaya-upaya yang ingin dilaksanakan yang pada dasarnya mengarah kepada keinginan untuk menghasilkan atau mencetak manusia yang cerdas yang berguna bagi nusa dan bangsa. Untuk merealisasikan  keinginan luhur ini tentunya rencana strategis yang mencakup pengembangan fisik dan non fisik mutlak diperlukan.

 

2.   Visi

Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang bermutu, berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan, berkearifan lokal dan kompetitif pada tingkat global tahun 2034.

 

3.   Misi

Misi yang diemban dalam rangka mewujudkan visi sebagaimana tertulis di atas adalah:

                a.    Melaksanakan pendidikan yang bermutu, berintegritas dalam suasana akademik yang kondusif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

                b.    Melaksanakan penelitian yang bermutu, yang dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat.

                c.    Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

                d.    Mengembangkan tata kelola dan manajemen berbasis teknologi dan informasi (TI).

                e.    Meningkatkan kualitas tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu akademik.

                 f.     Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu tri dharma perguruan tinggi.

 

4.   Tujuan

Sejalan dengan rumusan visi dan misi di atas, maka aktivitas Fisipol Unwar diarahkan untuk mencapai tujuan sebagai berikut:

                a.    Menghasilkan lulusan yang bermutu, berintegritas dan mampu berdaya saing di tingkat nasional.

                b.    Mengembangkan penelitian yang dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

                c.    Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai kebutuhan masyarakat.

                d.    Melaksanakan layanan akademik yang berbasis teknologi informasi (TI).

 

5.   Sasaran

Sasaran Fisipol Unwar adalah:

                a.    Dihasilkannya lulusan yang memiliki daya saing tinggi di tingkat lokal dan nasional serta bertkarakter kebangsaan.

                b.    Dihasilkannya penelitian yang dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sesuai kebutuhan masyarakat.

                c.    Dihasilkannya pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat.

                d.    Terwujudnya layanan tri dharma yang berbasis teknologi dan informasi.

 

6.   Program Studi

A. Program Studi Ilmu Pemerintahan

          Program Studi Ilmu Pemerintahan mempelajari secara khusus proses penyelenggaraan pemerintahan suatu negara. Studi tentang pemerintahan diadakan karena didasari bahwa perumusan dan pengelolaan kebijakan pembangunan di sector pemerintahan di masa-masa mendatang akan bertambah kompleks, terlebih lagi dengan adanya reformasi politik yang menghendaki adanya penegakan clean government dan good gonernance. Untuk itu diperlukan transformasi paradigm dan orientasi pemerintahan yang lebih mengutamakan transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat. Sehingga akan memerlukan sumber daya manusia yang lebih memiliki kemampuan professional serta cakap menggunakan pendekatan-pendekatan multi dimensional untuk memecahkan masalah-masalah pemerintahan dan pembangunan. Pendekatan baru ini amat diperlukan karena masalah-masalah sector pemerintahan dan pembangunan tidak dapat lagi dipandang hanya sebagai masalah ekonomi, politik atau administrative semata. Karena itu tenaga pimpinan dan sumber daya manusia di sector ini harus dididik melalui kurikulum multidisipliner yang menggunakan teori-teori dan metode dari berbagai bidang keahlian antara lain: Manajemen Publik, Ilmu Politik, Studi Kebijakan, Manajemen Pemerintahan Daerah, Otonomi Daerah dan Politik Lokal.

          Sarjana-sarjana yang dihasilkan dari penyelenggaraan studi ini nantinya diharapkan mampu menymbangkan keahliannya tidak hanya pada berbagai jenjang pemerintahan (birokrat/pegawai) tetapi juga professional seperti dalam bidang akademik, politisi/legislator, wartawan, maupun bidang professional lainnya yang tidak saja handal, namun juga memiliki kemampuan praktis dalam memecahkan masalah secara efektif dan efisien bermoral serta mempunyai komitmen social yang tinggi.

 

B. Program Studi Ilmu Administrasi Negara

          Dari perspektif fungsional Ilmu Administrasi adalah cabang ilmu social yang secara khusus mempelajari aktivitas kerjasama manusia dalam menata organisasi. Mengingat aktivitas penataan ini mencakup penataan dalam berbagai level organisasi, maka wilayah kajian ilmu adminiatrasi adalah seluas organisasi itu sendiri.

          Fokus ilmu administrasi adalah pada level puncak, karena itu ilmu administrasi sering disebut ilmunya para eksekutif. Kemudian pada level staf, focus studi administrasi adalah pelayanan informasi (public relations) dan ketatausahaaan (registrasi, inventarisasi, korespondensi, pembukuan, dokumentasi dan kearsipan).

          Apabila wilayah kajian Ilmu Administrasi difokuskan pada organisasi-organisasi yang berskala besar, luas dan kompleks maka ilmu administrasi dimaksud adalah ilmu administrasi public atau istilah lamanya ilmu administrasi negara.

          Tujuan penyelenggaraan program studi ini adalah untuk membentuk sarjana-sarjana professional administrasi public (public administrations) yang kelak diharapkan dapat menyumbangkan keahliannya pada berbagai jenis organisasi (pemerintahan/bisnis) mulai dari level puncak (top management), menengah (middle management), dan bawah (low management), sebagai      eksekutif-eksekutif organisasi yang tidak saja handal intelektualitasnya melainkan juga professional kecakapannya serta memiliki komitmen moral dan social yang tinggi dengan dilengkapi penguasaan keterampilan administrasi popular (seperti aplikasi computer, pembukuan dll). Sarjana ilmu administrasi diharapkan dapat memenuhi bursa tenaga kerja pada bidang administrasi perkantoran, administrasi keuangan, ekspor-impor, personalia, marketing, perkreditan, sekretaris, pembukuan, kehumasan (public relations) dan staf ketatausahaan lainnya.

 

7.   Profil Lulusan Prodi

A. Profil Lulusan Program Studi  Ilmu Pemerintahan

1.         Mengaplikasikan ilmunya sebagai pegawai pada lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah;

2.         Mengaplikasikan ilmunya sebagai pegawai pada Badan Usaha Milik Negara/Daerah dan Perusahaan Sektor Publik lainnya;

3.         Mengaplikasikan ilmunya sebagai konsultan profesional bidang pemerintahan.

4.         Mengaplikasikan ilmunya sebagai analis professional bidang pemerintahan;

5.         Mengaplikasikan ilmunya sebagai pendidik/peneliti bidang pemerintahan;

6.         Mengaplikasikan ilmunya sebagai penggerak pada organisasi sosial/LSM yang professional.

 

B. Profil Lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara

              Profil lulusan adalah postur yang diharapkan pada saat pembelajar lulus atau menyelesaiakan seluruh proses pembelajaran sesuai dengan jenjang KKNI .Profil lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa adalah :

1.      Administrator publik atau manajer tingkat pertama pada instansi pemerintah atau organisasi swasta dan organisasi sosial lainnya

2.      Birokrat pada tingkat operasional yang mampu menggunakan teknologi informasi manajemen dan komunikasi dalam penyelesaian tugas dan masalah

3.      Analis kebijakan yang mampu menyusun dan merumuskan kebijakan/ keputusan strategis.

4.      Pengelola kegiatan lapangan di sektor publik yang sadar dengan nilai-nilai publik

5.      Pengelola kegiatan pelayanan publik disektor kepariwisataan

 

8.   Beban Studi Mahasiswa

          Dalam menentukan beban studi untuk satu semester perlu diperhatikan kemampuan individu mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil studi seseorang mahasiswa pada semester-semester sebelumnya, yang sering diukur dengan indeks prestasi semester (IPS).  Untuk semester gasal dan genap tahun pertama kepada semua mahasiswa diberikan beban kredit antara 18 – 21 sks. Pengambilan nilai kredit beban studi mahasiswa akan ditentukan oleh indeks  prestasi pada semester sebelumnya dengan ketentuan sebagai berikut:

                a)      IP ≥ 3.00         : 21 s.d. 24 sks

                b)      IP dari 2.50 – 2.99 : 18 s.d. 20 sks

                c)      IP dari 2.00 – 2.49 : 15 s.d. 18 sks

                d)      IP Ë‚ 2.00  : maksimal 14 sks

 

Untuk dapat menyelesaikan studi di Fisipol Unwar, baik Program Studi Ilmu Pemerintahan maupun Program Studi Ilmu Administrasi Negara, seorang mahasiswa harus menempuh dan lulus 147 sks mata kuliah dengan indeks prestasi kumulatif minimal 2,76.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


9.   Dosen

 

A. Nama-nama Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan

No.

Nama Dosen Tetap

 

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(7)

(8)

       1.       

Dra. Diah Rukmawati, M.Si

‘0813086201

13-08-1062

Lektor Kepala

S1 UGM

S2 UGM

Hub.Internasional

Politik

       2.       

Drs. I Gede Janaminajaya, M.Si

‘0809105701

9-10-1957

Lektor Kepala

S1 Unpad

S2 UGM

Hub. Internasional

Politik

       3.       

Drs. I Nyoman Wiratmaja, M.Si

‘0811076401

11-07-1964

Lektor Kepala

S1 UGM

S2 UGM

Pemerintahan

Ketahanan Nasional

       4.       

Dr. I Wayan Gede Suacana, M.Si

‘0805086601

05-08-1966

Lektor Kepala

S1 UGM

S2 UGM

S3 Unud

Pemerintahan

Administrasi Negara

Kajian Budaya

       5.       

Drs. I Made Suantina, M.Si

‘0804086401

04-08-1964

Lektor Kepala

S1 Unpad

S2 Untag

Pemerintahan

Administrasi Publik

       6.       

Drs. Toto Noerasto, M.Erg

‘0806026501

06-02-1965

Lektor

S1 Unwar

S2 Unud

Pemerintahan

Ergonomi

       7.       

Dra. Ni Made Anggriyani, M.Si

‘0826096701

26-09-1967

Lektor

S1 Unwar

S2 Unud

Pemerintahan

Kajian Budaya

       8.       

Dra. A.A.A. Dewi Larantika, SE, M.Si

‘0808126601

08-12-1966

Lektor Kepala

S1 Unwar

S1 Unud

S2 UGM

Pemerintahan

Ekonomi

Sosiologi

       9.       

Drs.I Nyoman Yasa, M.Si

‘0803115401

’03-11-1954

Lektor Kepala

S1 UGM

S2 Unpad

Pemerintahan

Pemerintahan

     10.      

Drs.I Wayan Sudana, M.Si

‘0805016501

05-01-1965

Lektor Kepala

S1 Unwar

S2 UGM

Administrasi Negara

Administrasi Publik

     11.      

Drs. I Ketut Jika, M.Si

‘0802035801

02-03-1958

Lektor Kepala

S1 Unud

S2 Unhi

Antropologi

Agama dan Kebudayaan

 

 

 

B. Nama-nama Dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara

 

  • Dibaca: 6710 Pengunjung

No.

Nama Dosen Tetap

 

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(7)

(8)

       1.       

Drs. I Wayan Sudemen, M.Si

‘0831126250

31-12-1962

Lektor Kepala

S1 Unud

S2 Unud

Manajemen

Kajian Budaya

       2.       

I Gusti Ngurah Wijaya, SE, MM

‘0822025601

22-02-1956

Lektor Kepala

S1 Unud

S2 Untag

Manajemen

Manajemen

       3.       

I Nyoman Mangku Suryana, SH, MH

0822025601

31-12-1959

Lektor Kepala

S1 Unud

S2 Unwar

Ilmu Hukum

Ilmu Hukum

       4.       

Dra. Kt. Sri Swatiningsih, M.Si, M.Pd

‘0806045701

’04-06-1957

Lektor Kepala

S1 Unud

S2 Unej

S2 IKIP

Manajemen

Ilmu Administrasi

Penelitian dan Evalua

       5.       

Drs. I Wayan Mirta, M.Si

‘0831125901

30-12-1959

Lektor Kepala

S1 Unud

S2 Unhi

Antropologi

Agama dan Kebudy.

       6.