• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Lembaga Pengabdian Masyarakat

  • 1087 Pengunjung

PROFIL

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM)

UNIVERSITAS WARMADEWA

Menjadikan Unwar Sebagai pusat Kajian Ilmiah (sains), Inovasi (Innovation), Jaringan (Networks)  Nasional dan Internasional dalam pengembangan profesi yang bermanfaat bagi pembangunan Nasional

Alamat:  Jalan Terompong No 24, Tanjung Bungkak, Denpasar 80235 – Bali

Tlp. +62-223858 ex 21. Fax +62 361-235073. http//www.warmadewa.ac.id

email : lpm@warmadewa.ac.id

UNIVERSITAS WARMADEWA

2016

 PROFIL LPM

UNIVERSITAS WARMADEWA

Menjelang usia 30 tahun perjalanan waktu yang sangat ideal untuk membuat Universitas Warmadewa semakin dewasa baik dalam pengelolaan maupun out put sarjana yang dilahirkan. Seiring dengan hal tersebut, kepercayaan masyarakat pun semakin tinggi sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan putra-putrinya ke jenjang yang lebih tinggi. Di samping itu, yang membuat Universitas Warmadewa menjadi perhatian istimewa adalah letak lokasinya yang sangat nyaman, strategis, tidak jauh dari pusat keramaian dan pusat kota, tapi tidak bising. Penataan kampus yang sangat teratur dengan perimbangan ruang terbuka dengan gedung-gedung sangat ideal. Ruang terbuka yang dimanfaatkan sebagai areal parkir dan tetamanan yang indah dan asri dengan pohon-pohon peneduh yang rindang sehingga membuat suasana yang nyaman. Lebih-lebih dengan fasilitas-fasilitas yang ada seperti kursi-kursi taman dengan fasilitas internet gratis yang membuat mahasiswa semakin betah belajar di kampus Universitas Warmadewa.

Universitas Warmadewa  (Unwar) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berdiri tanggal 17 Juli tahun 1984, berada di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali. Universitas yang beralamat di jalan Terompong No. 24 Tanjung Bungkak Denpasar ini  memiliki  7 Fakultas dan 14 program studi (S1) yang telah terakreditasi. Ke tujuh Fakultas tersebut adalah Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, sedangkan untuk Program S2 yang sudah beroperasi antara lain: S2 Bidang Ilmu Hukum, S2 Bidang Lingustik, S2 Bidang Manajemen dan S2 Bidang Kenotariatan. Program pengembangan Unwar diarahkan pada keluaran dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di bidang pendidikan, sampai tahun ajaran 2013/2014 Unwar telah menghasilkan lulusan sejumlah 23.622 orang. Sedangkan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Warmadewa memiliki 2 lembaga yaitu: Lembaga Pusat Penelitian (PUSLIT) dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM).

 1.   Tugas Utama LPM

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Warmadewa sebagai Pusat pengembangan  Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil penelitian, mempunyai tugas utama yaitu merencanakan, menyusun, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Warmadewa. Selain tugas utama lembaga harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi Inovation), membangun jaringan (Network) dibidang ilmu pengethuan (Sains) dan teknologi berupa hasil penelitian dalam rangka mendukung upaya Universitas Warmadewa menuju Universitas berkualitas di Indonesia dan Internasional. Untuk mendukung pencapaian tersebut, perlu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah,swasta dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

 2.   VISI.

LPM Universitas Warmadewa menjadi lembaga yang terkemuka dalam pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian di bidang sains, teknologi, dan seni, serta berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan di lingkup nasional dan International, berlandaskan nilai-nilai integritas, kualitas, dan inovasi yang tinggi serta berwawasan Lingkungan.

3.   M i s i

  1. Membangun karakter bangsa melalui penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian yang berkualitas dan berwawasan Lingkungan
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, serta mengembangkan unit-unit kajian akademik di lingkungan universitas yang berkualitas dan mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.
  3. Memupuk tumbuhnya sinergi, baik di dalam maupun di luar Universitas Warmadewa, dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan payung Pengabdian kepada Masyarakat berbasis IPTEKS;
  5. Menerapkan hasil- hasil penelitian unggulan dan meningkatkan kiprah Universitas Warmadewa dalam hal penelitian dan publikasi bertaraf internasional;
  6. Meningkatkan perolehan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) Dosen maupun mahasiswa;
  7. Mendorong Industrialisasi pedesaan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna;
  8. Memberdayakan masyarakat dengan mengangkatnya dari keterbelakangan, mengentaskannya dari kemiskinan, meningkatkan kemampuan sebagai subyek pembangunan melalui proses pengembangan metode ilmiah.
  9. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan lokal, nasional, internasional, dan kemanusiaan;
  10. Melaksanakan konsep Tri Hita Karana dalam akademik atmosfir di kampus Universitas Warmadewa.

4.   TUJUAN

           Tujuan pembentukan LPM adalah:

  1. Mengembangkan hasil – hasil penelitian dalam bentuk  pengabdian kepada masyarakat beserta sarana dan prasarananya agar dapat tercapai pengembangan LPM sebagai inspirator, inovator pembangunan baik lokal regional maupun nasional.
  2. Menciptakan atmosfir akademik kelembagaan yang kondusif untuk kegiatan, pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan Lingkungan.
  3. Menciptakan sumber daya peneliti yang kreatif, produkfif, kompetitif, proaktif yang mengedepankan kerja tim / institusi dan yang mampu menerapkan produk penelitian bagi kepentingan masyarakat pengguna (stake holder)
  4. Menciptakan dan meningkatkan kerjasama intra universitas, antar universitas, antar lembaga di tingkat lokal,regional,nasional dan internasional.

 

5.   “Lingkungan” sebagai Pola Ilmiah Pokok (PIP)

Universitas Warmadewa menempatkan “ lingkungan” sebagai pola ilmiah pokok (PIP ) yang berkonsentrasi pada lingkungan kepariwisataan (Green Eco tourism) senantiasa kritis, tanggap dan kreatif dalam menangkap dan menyikapi Global Isu yang bersifat kekinian yaitu “lingkungan”. Kekritisan dan ketanggapan tersebut menyebabkan Unwar semakin tinggi tingkat kepeduliannya terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat dan dunia internasional. Pola Ilmiah Pokok yang berbasis lingkungan kepariwisataan tersebut dapat diartikan bahwa seluruh kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh seluruh prodi atau unit-unit yang ada di Universitas Warmadewa selalu dikaitkan dengan kepedulian terhadap lingkungan kepariwisataan. Atau seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Warmadewa berbasis tata kelola, kepedulian, pengendalian, dan pelestarian terhadap lingkungan. Pengertian  lingkungan yang dimaksudkan di sini adalah menjaga hubungan timbal balik antara komponen abiotik (tanah, air udara), biotik (tanaman, hewan) dan culture (manusia) dan mengelola dampak yang terjadi akibat interaksi tersebut. Pengelolaan lingkungan didasari konsep Tri Hita Karana yang menekankan adanya keseimbangan, keserasian dan keselarasan antara pembangunan bidang teknologi, ekonomi dan lingkungan. Hal ini sesuai kebijakan pembangunan pemerintah dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan , yang tertuang pada Perda No.16 tahun 2009 tentang rencana tata ruang yang mengangkat nilai nilai budaya dan keselarasan fungsi lingkungan hidup......

Selengkapnya dapat dilihat dan diunduh pada file dibawah ini.

Profil Lembaga Pengabdian.pdf

 

  • 1087 Pengunjung