• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Workshop Penyempurnaan Kurikulum Program Studi D4 Pariwisata Fakultas Sastra Unwar

  • 27 Mei 2019
  • 163 Pengunjung
Workshop Penyempurnaan Kurikulum Program Studi D4 Pariwisata Fakultas Sastra Unwar

Fakultas Sastra Universitas Warmadewa menyelenggarakan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Program Studi D4 Pariwisata pada Senin, 27 Mei 2019 di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar. Acara dibuka Rektor Universitas Warmadewa yang diwakili Wakil Rektor I Unwar, dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Bali, Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota se-Bali, Sekretaris Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan I di lingkungan Unwar Narasumber Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si., dan Asisten Deputi Kementerian Pariwisara RI Dr. Wisnu Bawa Taruna Jaya, SE., MM dengan moderator Dekan Fakultas Sastra Unwar Prof. Dr. I Nyoman Kardana, M.Hum.

Ketua Panitia Drs. I Nyoman Mardika, M.Si., mengatakan workshop yang dilaksanakan ini untuk mendapatkan masukan baik dari pemakalah dan peserta (stake holder) berkaitan dengan penyempurnaan kurikulum D4 Pariwisata Fakultas Sastra Unwar. Sebelumnya kurikulum sudah sempat digidok oleh tim pembentukan prodi baru D4 Pariwisata FS Unwar melalui mekanisme rapat beberapa kali membandingkan dengan kurikulum beberapa perguruan tinggi. Kurikulum yang sempat dibuat dirasakan masih perlu penyempurnaan. Untuk itu masukan dari narasumber dan peserta terutama stake holder sangat diharapkan sehingga kurikulum yang telah disusun dapat disempurnakan sehingga lebih matang dan siap dilanjutkan ke Ristekdikti.  

Rektor Unwar yang diwakili Wakil Rektor I Unwar Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., mengatakan seperti yang diketahui D4 Pariwisata ini adalah vokasional sehingga nanti setelah mereka tamat akan mendapatkan gelar sarjana terapan. Ini sesuai amanat presiden melalui kementerian. Vokasional itu didorong agar dibentuk untuk memenuhi dunia industry. Sehingga dalam penyusunan kurikulum harus ada keseimbangan rasional antara teoritis dan praktis. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu coherent, comprehensive dan systematic.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., memberikan support sepenuhnya agar ini bisa berjalan dan memberikan terima kasih kepada stake holder yang telah membantu. Ia mengatakan Unwar  dibawah Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali akan selalu memberikan kontribusi terbaiknya bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia bangsa ini baik secara local, regional, nasional dan bahkan juga internasional. Sebagai komitmen untuk itu makan kami akan selalu memberikan perubahan dan perbaikan serta memberikan alternatif-alternatif pilihan kepada sumber daya manusia kita untuk bisa mendapatkan ilmu/keterampilan dan bekal untuk memasuki dunia usaha, dunia kerja dan menghadapi tantangan global. Kita tau bali adalah daerah pariwisata. Sebagai daerah pariwisata tentu salah satu prodi/bidang yang harus ditekuni/ didapatkan oleh banyak pihak adalah di bidang kepariwisataan. Unwar dengan visinya ekowisata yang dikedepankan adalah lingkungan dan disadari bahwa pariwisata akan sustain apabila lingkungan terjaga. Banyak objek-objek wisata baru yang dibentuk karena lingkungan yang tidak mendukung maka ia seperti museum hidup. Akan menjadi menarik jika ekowisata ditawarkan kepada anak-anak muda untuk bisa mereka tekuni. Karena dengan ekowisata kita melihat pariwisata sebagai suatu hal yang bersifat hidup dan dinamis.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 27 Mei 2019
  • 163 Pengunjung

Lainnya

Pencarian