• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Warmadewa Research Centre (WaRC) menyelenggarakan Coaching Clinic Penelitian

  • 15 April 2019
  • 157 Pengunjung
Warmadewa Research Centre (WaRC) menyelenggarakan Coaching Clinic Penelitian

Warmadewa Research Centre (WaRC) menyelenggarakan Coaching Clinic Penelitian Bagi Dosen Tetap Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali pada Senin, 15 Ap ril 2019 di Ruang Widya Sabha Uttama Sekretariat Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali. Acara dihadiri oleh Ketua YKKPB beserta jajaran, Rektor beserta jajaran, para Dekan di lingkungan Unwar, Ketua WaRC dan seluruh Dosen peserta Coaching Clinic.

Reviewer Dr. Ir. Ni Gusti Agung Gde Eka Martiningsih, M.Si (Universitas Mahasaraswati).
Reviewer Dr. Dra. Ni Nyoman Aryaningsih, M.M (Politeknik Negeri Bali).

Ketua Warmadewa Research Centre (WaRC) I Nyoman Gede Mahaputra, ST., M.Sc., PhD mengatakan hari ini akan dilakukan coaching clinic dimana teman-teman dosen di Warmadewa yang sudah membuat proposal untuk penelitian, proposal tersebut akan diberi masukan dan dilihat oleh dua orang reviewer yang berkualifikasi Dikti. Reviewer akan memberikan masukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing proposal, setelah itu para pengaju proposal akan memperbaiki proposalnya yang nantinya akan dinilai. Setelah dilakukannya penilaian dilanjutkan dengan tahap penelitian. Gede Mahaputra juga menyampaikan bahwa ada 34 jumlah proposal yang akan di coaching dan di tindaklanjuti hari ini. Sering kali penelitian dilihat sebagai suatu hal yang tidak penting sehingga hasil penelitian hanya disimpan di dalam rak dan tidak pernah ada tidaklanjuti. Oleh karena itu WaRC ingin agar penelitian ini memiliki manfaat untuk masyarakat, dan ia juga mengatakan ingin membangun ekosistem research dimana ada yang melakukan research dan ada masyarakat yang memanfaatkan hasil research dan masyarakat juga yang nantinya akan memberi masukan lagi dalam research tersebut.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK mengatakan hari ini akan ada presentasi proposal penelitian yang dananya merupakan dana hibah dari Yayasan dengan tujuan membantu Unwar di dalam memperkuat database tentang penelitian karena telah disadari penelitian di Unwar sampai saat ini masih belum cukup kuat sehingga harapannya hasil dari penelitian teman-teman di WaRC ini bisa mensuport lembaga penelitian di dalam rangka memperkuat database penelitian Unwar di Dikti. Database penelitian disana dikatakan sangat penting manfaatnya dalam rangka mendongkrak status perguruan tinggi yang sementara ini masih dengan status binaan. Prof. Widjana berharap grade Unwar naik paling tidak ke madya karena dengan grade madya disamping eksistensi Unwar makin kuat, dana-dana penelitian yang begitu banyaknya di Ristekdikti bisa dimanfaatkan dari sekarang.

Ketua YKKPB Dr. Drs. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si mengatakan core bisnis universitas itu adalah Tri Dharma (pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dan selama ini kebanyakan perguruan tinggi lebih memporsikan pada pengajaran sehingga nyaris penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu “tertinggal” pelaksanaannya dan mestinya perguruan tinggi selain pengajaran yang harus kuat di dalamnya adalah research. Oleh karena itu disamping ada lembaga penelitian (lemlit), Unwar juga membentuk lembaga yang disebut dengan Warmadewa Research Centre (WaRC). Diharapkan WaRC akan menjadi salah satu generator dalam meningkatkan budaya meneliti di kalangan dosen baik dosen senior maupun junior. Wisnumurti juga menyampaikan problem kenapa dosen tidak meneliti biasanya klasik yaitu pendanaan, maka WaRC akan menyiapkan sejumlah dana untuk bisa “direbut” oleh para dosen sehingga ada sumber-sumber pendanaan di luar Lemlit untuk internal yang disiapkan dalam rangka mendorong research-research yang qualified. Dan ia berharap melalui coaching clinic ini para dosen yang mengikuti tahu tentang skema penelitian termasuk skema pembiayaan, dan harapannya kedepan tidak hanya bersumber dari dalam melainkan sumber-sumber dana dari luar dapat diraih. Beliau juga menambahkan dengan hadirnya WaRC jumlah research di Warmadewa meningkat tajam baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 15 April 2019
  • 157 Pengunjung

Lainnya

Pencarian