• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Meningkat 10 Persen, Ujian Sipenmaru Gelombang I FKIK Unwar Diikuti 219 Peserta

  • 02 April 2019
  • 235 Pengunjung
Meningkat 10 Persen, Ujian Sipenmaru Gelombang I FKIK Unwar Diikuti 219 Peserta

Tahun Akademik 2019/2020, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa (FKIK Unwar) kembali menerima mahasiswa baru. Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Gelombang I pun digelar, Minggu (31/3/2019). Peserta ujian Sipenmaru Gelombang I tahun 2019 ini meningkat 10 % dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu diikuti sebanyak 219 orang peserta.

Ujian Sipenmaru ini dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Sabtu (30/3) lalu berupa Test Psikologi. Sementara, tahap kedua yang dilaksanakan hari ini berupa test akademik dengan sistem CBT (Computer Based Test) dan test kesehatan yang berlangsung di Gedung FKIK Unwar.

Pelaksanaan ujian Sipenmaru ini dipantau langsung oleh Dewan Pembina Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali beserta anggota, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., beserta para Wakil Rektor, Dekan FKIK Unwar dr. I Gusti Ngurah Anom Murdhana, SP.,FK., dan juga Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara serta para Dekan dan Pejabat Struktural di lingkungan Unwar.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan minat calon mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan Dokter di FKIK Unwar setiap tahun terus mengalami peningkatan. Jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar secara online pada Sipenmaru Gelombang I Tahun 2019 sebanyak 227 orang dan yang mengikuti tes ujian Sipenmaru sebanyak 219 orang peserta. Jumlah ini meningkat 10% dari tahun sebelumnya. Tes dilaksanakan 2 tahap dengan analisa yang mendalam untuk menentukan lulusan yang kredibel dan layak untuk kuliah di FKIK Unwar.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan saat ujian Sipenmaru berlangsung, dikatakan test dilaksanakan dalam ruangan khusus dengan sistem CBT dan soal untuk masing-masing calon mahasiswa berbeda dan diacak. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan input yang bagus dan berkualitas, guna menghasilkan output lulusan yang berkulitas dan berdaya saing global, serta mampu memenangkan kompetisi.

Dengan hasil output yang berkualitas, dikatakan akan mempu mencapai visi Unwar untuk menjadi perguruan tinggi bermutu, berwawasan ekowisata, dan go global tahun 2034.  "Kalau input sudah bagus, prosesnya sudah bagus, output pasti bagus pula. Buktinya lulusan UKM PPD kita selalu di atas rata-rata nasional, bahkan tertinggi dikalangan perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia, yaitu 88 persen,"tandas Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali , Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan meningkatnya calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di FKIK Unwar tidak terlepas dari sejumlah prestasi yang telah dicapai FKIK Unwar selama ini. Baik dari segi penyelenggaraan pendidikan maupun dari segi kreativitas mahasiswa. Salah satunya adalah tim mahasiswa FKIK Unwar berhasil meraih juara I tingkat nasional pada ajang "Lomba Esai Aesculapius 2019" di Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya pada 20-23 Maret lalu yang menyisihkan tim dari Universitas Indonesia (UI) dan tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pihaknya berharap, melalui tes ujian Sipenmaru ini bisa berjalan objektif dan menghasilkan mahasiswa yang benar-benar berkualitas sesuai dengan standar KKNI dan Kemenristekdikti. Sehingga, lulusan yang dihasilkan FKIK Unwar berkualitas dan mampu berdaya saing dalam dunia global.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 02 April 2019
  • 235 Pengunjung

Lainnya

Pencarian