• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Seminar Nasional Optimalisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

  • 14 Maret 2019
  • 420 Pengunjung
Seminar Nasional Optimalisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Bank Indonesia bekerjasa sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) menyelenggarakan Seminar Nasional “Optimalisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Sebagai Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional Untuk Mendukung Peningkatan Elektronifikasi Transaksi” pada Kamis, 14 Maret 2019 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar.

Acara dibuka Kepala BI Propinsi Bali dengan simbolis pemukulan Gong, dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar beserta jajaran, Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Jakarta, Deputi Kepala Perwakilan BI Propinsi Bali, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali Nusra, Ketua Perbanas PT. Bank J Trust d/h Mutiara, Pemimpin Wilayah PT. Bank BNI (Persero), Tbk Kanwil 08 Kantor Wilayah Denpasar, PT Bank BRI (Persero) Tbk Kanwil Denpasar Kantor Wilayah Denpasar, Direksi PT.Bank BPD Bali, Ketua Perbarindo Bali, Ketua PT Jasa Marga Bali Told an Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Propinsi Bali, Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Dekan FE beserta jajaran dan dosen di lingkungan FEB Unwar.

Selain itu juga diadakan Launching BI Corner yang berada di Perpustakaan Pusat Unwar dan Bank Mini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa oleh Kepala BI Propinsi Bali.

Adapun narasumber pada seminar tersebut yaitu Irwan Daud selaku Asisten Direktur Departemen Elektronifikasi & Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia, Kepala Kantor BNI 46 Wilayah Denpasar Suhardi Petrus, Pejabat Kepala Bagian Operasional, Jaringan, Layanan dan Performance Manajemen Kantor BRI Wilayah Denpasar Dimas Ario Djolo Dara, Direktur Operasional Bank BPD Bali Ida Bagus Setiayasa, S.Kom., MM., dan dosen FEB Unwar Dr. I Ketut Darma, SE.,M.Si., dengan moderator dosen FEB Unwar Dr. Ni Luh Putu Indiani, SE.,MM.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK mengatakan kegiatan ini sebagai indikasi elektronifikasi transaksi keuangan itu sangat penting apalagi menjawab tantangan revolusi industry 4.0 dimana 3 literasi yang harus dikuasai sebagai warga Negara. Yang pertama adalah literasi digital karena jaman sekarang semuanya dalam bentuk digital termasuk transaksi keuangan, yang kedua adalah human literation atau hubungan antara manusia, dan yang ketiga adalah literasi big data. Kalau tidak menguasai ketiga literasi itu maka akan tersisih. Oleh karena itu, karena masalah perbankan khususnya masalah transaksi tunai yang selama ini dikerjakan itu banyak kelemahannya dari segi kecepatan dan ketepatan. Dengan demikian transaksi non tunai yang diindikasi dengan sosialisasi GPN itu akan menjawab persoalan-persoalan tersebut yang artinya dengan GPN sistem transaksi menjadi terpercaya, cepat dan tepat sehingga akan nyaman bertransaksi.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., memberikan apresiasi kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwar bisa menyelenggarakan seminar nasional khususnya optimalisasi GPN yang merupakan program baru dari pemerintah Indonesia dalam rangka membangun nasionalisme. Seminar ini menjadi sangat strategis karena menggandeng BI dan ISEI Bali. Ia berharap seminar ini bisa menghasilkan lompatan-lompatan pemikiran yang berkaitan dengan bagaimana tata kelola keuangan dan sistem keuangan nasional ini benar-benar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya untuk membangun nasionalisme.

Kepala BI Propinsi Bali Causa Iman Karana mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan awareness kepada masyarakat bahwa sudah ada program dari BI bahwa pemerintah akan menerapkan GPN untuk sistem pembayaran nasional Indonesia. Dengan adanya GPN semua transaksi akan melalui satu pintu sehingga uangnya tidak lari ke luar negeri atau kemanapun. Terkait dengan BI Corner, ia mengatakan BI Corner merupakan salah satu kegiatan program sosial BI selain kepedulian ekonomi dan kepedulian sosial dimana BI Corner masuk ke dalam kategori penguatan sumber daya manusia. Dimana tajuknya adalah Indonesia Cerdas. BI Corner sudah ada 11 di Bali, di Unwar merupakan BI Corner yang ke-12. Harapannya ini bisa dijadikan pusat referensi ekonomi, keuangan, dan moneter di Bali sehingga nanti akan muncul ekonom-ekonom dari Unwar maupun di Bali.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 14 Maret 2019
  • 420 Pengunjung

Lainnya

Pencarian