• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Workshop e-Learning dari Wiley sebagai salah satu Revolusi dalam Proses Pembelajaran di Unwar.

  • 13 Maret 2019
  • 172 Pengunjung
Workshop e-Learning dari Wiley sebagai salah satu Revolusi dalam Proses Pembelajaran di Unwar.

Universitas Warmadewa menyelenggarakan " Wiley e-Learning Workshop For Lecturers" selama 3 Hari (13-15 Maret 2019) di Ruang Jayasingha Mandapa Unwar.
Acara pembukaan Workshop dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar yang diwakili oleh WR I Unwar, WR II, WR III Unwar, Dekan beserta WD Fakultas dilingkungan Unwar, Direktur Pascasarjana beserta Sekretaris Pascasarjana Unwar, dan Dosen dilingkungan Unwar.

I Putu Astina , S.Sos., MA., selaku Ketua Panitia menyampakaikan pelaksanaan Workshop e-Learning dari PT. Wiley telah dilaksanakan dari tanggal 11-13 Maret 2019 untuk Mahasiswa dan 13-15 Maret 2019 untuk Dosen Pengajar. Pelakasanaan Workshop ini telah terintegrasi dengan pelaksanaan workshop sebelumnya untuk e-Learning dengan aplikasi moodle. Nantinya PT. Wiley akan menyediakan segala konten untuk seluruh mata kuliah untuk seluruh prodi yang ada di Unwar. Dalam pelatihan ini, peserta akan menjadi master planer yang nantinya akan mensosialisasikan penggunanaan e-Learning ini di Fakultas maupun Pascasarjana Unwar.

Ketua PPJ Unwar, Dr. Mirsa Umiyati, SS., M.Hum., sebagai Project Manager kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari workshop yang diikuti mahasiswa dari 11 -13 Maret 2019. Tujuan dari pelaksanaan Workshop e-Learning ini adalah untuk memberi pelatihan kepada dosen pengajar sehingga dapat dipastikan e-Learning bisa terlaksana dengan baik. Penggunaan e-Learning dari PT. Wiley ini yang merupakan salah satu provider e-Learning terbesar di dunia menjadikan Unwar sebagai satu-satunya PT di Bali yang menggunakan e-Learning dari Wiley.

Rektor Unwar yang diwakili oleh WR I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., menyampaikan bahwa Unwar sebagai penyelanggara pendidikan harus ikut berpartisipasi dalam kemajuan Revolusi Industri 4.0. Sehingga Unwar sebagai PT memiliki aksi nyata dalam mengikuti kemajuan global. Salah satunya yang harus direspon yaitu pemanfaatan metode pembelajaran yang berbasis teknologi. Saat ini metode pembelajaran berbasis teknologi yang lebih dikenal dengan e-Learning. Metode pembelajaran ini akan memberikan kesempatan kepada Dosen dan Mahasiswa yang terhalang waktu dan tempat dalam mengikuti proses akademik. Oleh karena itu pembelajaran secara e-Learning bisa dilakukan dalam waktu dan tempat yang berbeda.

Dalam proses pembelajaran terdapat 3 aspek yang harus dikuasai oleh mahasiswa yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Sehingga pelakasanaan e-Learning ini dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan aspek pengetahuan. Namun dalam proses akademik, terdapat beberapa ilmu yang nantinya tidak dapat dilaksanakan secara e-Learning yaitu dengan proses langsung atau tatap muka. Karena dalam pendidikan tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan, namun juga dalam pelatihan karakter.

Sehingga dalam menunjang proses akademik perlu kemajuan dalam meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan selalu meningkatkan pengetahuan untuk dosen dan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran. Sehingga dengan kemajuan ini, Unwar dapat bersaing secara global. Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyampaikan bahwa peran aktif Unwar dalam Revolusi Industri 4.0 sesuai dengan Visi misi Unwar untuk go global di Tahun 2034. Oleh karena itu yang harus dilakukan adalah reformasi sistem pembelajaran dengan menggunakan e-Learning. Melalui metode e-Learning, proses pembelajaran tidak terbatas dengan ruang dan waktu. Pemahaman dan pengetahuan tentang e-Learning harus dapat dipahami dan dipraktekan di Unwar. Sehingga kegiatan ini tidak hanya terhenti pada worshop, namun ada tindak lanjut dan langkah strategis untuk dapat mengimplementasikan proses e-Learning di Unwar.

Seperti yang diketahui bahwa PT asing yang akan membuka cabang untuk melaksanakan proses pendidikan di Indonesia, dan Bali menjadi salah satu kota sasarannya. Oleh karena itu kita sebagai salah satu PT yang ada di Bali harus mampu mengikuti kemajuan teknologi dengan mulai meninggalkan proses pembelajaran yang konvensional sehingga kita tidak tergerus oleh kemajuan teknologi dan persaingan global.

Dalam Worshop ini yang menjadi narasumber dari PT. Wiley adalah Rojhelyn Balat yang merupakan Senior Executive, Digital Delivery Knowledge and Learning PT. Wiley Singapura. Narasumber menyampaikan sangat bersemangat berada di Universitas Warmadewa. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para dosen di lingkungan Unwar tentang akses digital konten yang tersedia di Unwar. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa dosen dan mahasiswa dapat mengakses konten e-Learning dan kegiatan e-Learning. Tujuan dari e-Learning adalah untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa.

Humas BAPPSIK Unwar melaporkan

  • 13 Maret 2019
  • 172 Pengunjung

Lainnya

Pencarian