• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Hari Ini, Unwar Gelar Wisuda Ke-59 Pertama Kali Unwar Gelar Wisuda 3 Kali Setiap Tahun

  • 31 Januari 2019
  • 802 Pengunjung
Hari Ini, Unwar Gelar Wisuda Ke-59 Pertama Kali Unwar Gelar Wisuda 3 Kali Setiap Tahun

Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar upacara wisuda ke-59 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Kamis (31/1) pagi. Upacara Wisuda diikuti sebanyak 97 orang wisudawan yang terdiri dari Fakultas Hukum 15 orang, Fakultas Ekonomi 70 orang, Fakultas Pertanian 3 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1 orang, dan Program Pascasarjana sebanyak 8 orang. Dengan dilepasnya para wisudawan, Unwar kini telah mempunyai alumni sebanyak 29.075 orang.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., didampingi Ketua Panitia Wisuda, I Made Artawan, SE.,MM., mengatakan upacara wisuda kali ini merupakan pertama kali dilaksanakan pada bulan Januari dengan tujuan membantu mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Sebab, sesuai Pangkalan Data Pendidikan Tinggi jumlah mahasiswa di Unwar saat ini sebanyak 14.328 orang. Sehingga perlu pelaksanaan wisuda ditambah dari sebelumnya 2 kali setiap tahun menjadi 3 kali. Dengan harapan terjadi keseimbangan antara yang masuk sebagai mahasiswa baru dan yang keluar sebagai alumni.

"Kita telah putuskan frekuensi wisuda kita perbanyak, dari 2 kali menjadi 3 kali setiap tahunnya. Karena kita ingin memberikan kesempatan kepada calon lulusan untuk tidak harus menunggu terlalu lama setelah dia dinyatakan lulus, karena kadang-kadang mahasiswa yang telah dinyatakan lulus harus menunggu 3 sampai 4 bulan hanya untuk diwisuda. Sebab, tanpa di wisuda mereka tidak bisa mengerjakan apa-apa nanti, padahal mereka sudah siap menjadi pengusaha dan pekerja,"ujar Prof. Widjana saat presscon di Ruang Rapat Rektor.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk memaksimalkan jumlah wisudawan agar tidak membludak. Sebab, upacara wisuda Unwar digelar di areal kampus. Sehingga, dibutuhkan ruang yang luas, terutama area parkir untuk para wisudawan beserta keluarganya. Di samping juga mengoptimalkan efisiensi waktu upacara wisuda agar tidak terlalu lama. "Wisuda tahun lalu saja yang jumlahnya 1.022 orang semua areal kampus dan wilayah Tangjung Bungkak penuh dengan parkir wisudawan. Kan kita juga malu. Apalagi saat ini masalah parkir menjadi problem yang krusial,"tandasnya.

Terkait dengan kualitas lulusan, dikatakan bahwa Unwar saat ini terus berbenah guna menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing yang kompetitif di masa kini dan akan datang dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Pembenahan dimulai dari peninjauan kurikulum dengan menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dengan bahan kajian terbaru yang sesuai dengan pasar saat ini. Bahkan, untuk menunjang implementasi kurikulum ini Unwar telah menyediakan layanan perpustakaan berbasis E-Library (E-Book, E-Journal, E-Repository, sehingga akses kepada sumber belajar dari mahasiswa dan dosen semakin luas.

Selain itu, dibidang tata kelola untuk mewujudkan Good University Governance (GUG), Unwar telah mempunyai sistem SIM-T (Sistem Informasi Manajemen Terpadu), ditunjang dengan sumber daya dosen dengan kualifikasi jenjang S3 (Doktor), dan menjalin kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri guna meningkatkan kerjasama tingkat internasional.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., berkomitmen untuk terus mengembangkan lembaga Unwar sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam menghadapi tantangan global sesuai visi Unwar "bermutu, berwawasan ekowisata dan berdaya saing global pada tahun 2034. Dengan berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, pihaknya akan terus proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana.

  • 31 Januari 2019
  • 802 Pengunjung

Lainnya

Pencarian