• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Serah Terima Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat FT Unwar

  • 24 Januari 2019
  • 389 Pengunjung
Serah Terima Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat FT Unwar

Fakultas Teknik Universitas Warmadewa menyelenggarakan Serah Terima Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Pengempon Pura Bukit Amertha di Ruang Jayasingha Mandapa Warmadewa. Senin, 21 Januari 2019. Pura Bukit Amertha ini bertempat di Desa Karangdoro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dimana Fakultas Teknik Unwar telah melakukan pengabdian kepada masyarakat yaitu mendesign ulang Pura Bukit Amertha sejak Februari 2018. Acara dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Wakil Rektor III Unwar, Dekan Fakultas Teknik Unwar, para Wakil Dekan FT Unwar, Kepala LPM, Kepala Lemlit, pejabat struktural di lingkungan FT Unwar serta para Pengempon Pura Bukit Amertha.

Ketua Panitia Pengabdian Kepada Masyarakat Nyoman Gede Mahaputra, Ph.D., mengatakan kegiatan ini bulan Februari 2018, dimana disana para tim melakukan pengukuran, identifikasi, wawancara dan menanyakan kebutuhan masyarakat disana kemudian kembali ke Unwar. Berdasarkan studi dan survey awal ini teman-teman di FT bersama mahasiswa FT mengerjakan gambar-gambar, alternative-alternatif design, dan alternative-alternatif pengelolaan pura seperti apa nanti puranya. “intinya jangan sampai setelah membangun pura, masyarakat menjadi terbebani. Sehingga kami berpikir bahwa ada kemandirian yang harus dibangun. Sehingga diusulkan untuk melakukan kegiatan ekonomi di sekitar pura sehingga puranya tidak tergantung oleh pemerintah atau memberatkan masyarakat tapi puranya bisa mandiri. Ide itu lalu kita wujudkan untuk masterplan ini. Bulan Mei kami kesana lagi untuk melakukan presentasi awal untuk mencari feedback masyarakat setempat apakah ide-ide ini bisa diterima oleh masyarakat ataukah ada hal-hal baru yang harus kita masukkan ke dalam ide awal ini. Dari masyarakat ada beberapa masukan lalu kita olah lagi masukan itu dan hari ini hasil dari keseluruhan kegiatan itu kita sampaikan di forum ini.”, ungkapnya.

Dekan Fakultas Teknik Unwar Prof. Dr. Ir. I Wayan Runa, MT, Ars mengatakan penyerahan pengabdian kepada masyarakat ini biasanya dilaksanakan di lokasi pengabdian tetapi kali ini dilaksanakan di Unwar. Kami dari Fakultas Teknik, pengabdian dalam kaitannya dengan membuat gambar pura atau candi di Jawa ini merupakan yang kedua kalinya di Pura Bukit Amertha, yang pertama di tahun 2002 sampai sekarang teman-teman di Unwar ikut terus mengabdi baik formal maupun informal. “Walaupun hari ini materinya sudah diserahkan bukan berarti secara pengabdian itu berakhir,” ungkapnya. Diharapkan apa yang sudah dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat setempat.

Rektor Unwar yang diwakili Wakil Rektor III Unwar Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT, IPM menyampaikan  apresiasi kepada panitia yang telah menjalankan tugas ini dengan baik yang pada hari ini akan diberikan langsung kepada pengempon pura. Diharapkan ini bisa dikolaborasi dengan baik kedepannya termasuk juga dengan seperti apa yang telah disampaikan oleh panitia bahwa tidak perlu benyak merubah struktur pura tetapi dapat meningkatkan fasilitas penunjang yang juga dapat meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat disana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan kedepan Universitas bersama Yayasan akan bisa membantu dari segi konsep dan strategi pengembangan Pura Bukit Amerta dimana konsep dan strategi harus jelas sehingga ketika kita mengembangkan beberapa tempat di Banyuwangi kita akan menggunakan pendekatan desa wisata yang berbasis kearifan local. Dengan cara itu akan dilanjuti dengan MoU antara Unwar dengan pemerintah banyuwangi sehingga Unwar masuk ke Desa manapun itu didasarkan atas MoU.

Ketua PHDI Kecamatan Tegalsari Bapak Sukaji menyampaikan rasa bangganya dan terima kasih kepada Unwar khususnya kepada FT Unwar karena telah terwujudnya master plan Pura Bukit Amertha. “Selanjutnya kami membutuhkan bantuan untuk mau dibawa kemana master plan ini. Ternyata pembangunan pura di Jawa selalu memakai kira-kira, tidak tergambarkan dengan bagus sehingga ada bongkar pasang terus menerus termasuk di Pura Bukit Amertha sudah 3 kali pembongkaran. Besar harapan saya setelah jadinya master plan ini tidak ada perubahan lagi,” ungkapnya.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 24 Januari 2019
  • 389 Pengunjung

Lainnya

Pencarian