• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

UNWAR MEWISUDA 1.022 ORANG SARJANA DAN MAGISTER

  • 18 September 2018
  • 202 Pengunjung
UNWAR MEWISUDA 1.022 ORANG SARJANA DAN MAGISTER
Universitas Warmadewa (Unwar) hari ini menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-34 dan Wisuda ke-58 di areal Kampus Unwar. Sebanyak 1.022 orang diwisuda yang terdiri dari Pascasarjana sebanyak 94 orang, Fakultas Hukum 87 orang, Fakultas Ekonomi 517 orang, Fakultas Sastra 109 orang, Fakultas Pertanian 34 orang, Fakultas Teknik 151 orang dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 7 orang. Sampai saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 28.978 orang. 
 
Dari segi output lulusan kali ini juga sangat membagakan. Pasalnya, sebanyak 985 orang (96,37%) lulus dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,0 dan masa studi tepat waktu sebanyak 913 orang (89,33%), serta yang menyelesaikan tugas akhir kurang dari 6 bulan sebanyak 891 orang (88,30%). Wisudawan S1 lulus dengan IPK tertinggi diraih oleh I Wayan Wiarta (IPK 3.90) dari prodi Peternakan Fakultas Pertanian dan Wisudawan lulusan tercepat dengan masa studi 3 Tahun 6 Bulan 12 Hari diraih oleh Kadek Indah Pradnyani. Sementara S2 Program Pascasarjana, lulusan dengan IPK tertinggi diraih oleh Ni Luh Supadmi Indrawati, SH. (IPK 3.96), sekaligus lulusan tercepat dengan masa studi 1 Tahun 6 Bulan 12 Hari.
 
Pada kesempatan ini Dekan Fakultas Ekonomi Dr. I Made Sara, S.E., MP menyampaikan Orasi Ilmiah yang berjudul : Peranan Desa Adat Dalam Pembangunan Pariwisata di Bali (Studi Kasus : Bali Sebagai Daerah Tujuan Wisata).
 
Ketua Panitia Wisuda I Made Artawan, SE.,MM., mengatakan bahwa acara Wisuda ke-58 Unwar kali ini merupakan yang sangat spektakuler karena dimana jumlah wisudawan terbanyak sepanjang sejarah, yang kedua jumlah mahasiswa baru Unwar dalam sejarah juga paling banyak saat ini, kemudian jumlah daripada kegiatan olahraga di masing-masing unit yang diselenggarakan kemaren diikuti oleh semua unit kerja disambut baik serta antusias oleh seluruh peserta dalam acara Dies Natalis ke-34 ini. “Nanti malam kita akan buktikan spektakuler kita, pertama kali Marching Band yang akan kontes secara orkestra, dan ada penyanyi dari beberapa dosen kita, dan masih banyak lagi hiburan lainnya.”, imbuhnya.
 
Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., didampingi Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE.,MM., dan Wakil Rektor III Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT.,IPM., mengatakan menghadapi Revolusi Industri 4.0, seluruh wisudawan diharapkan untuk terus belajar secara berkelanjutan dalam menghadapi tantangan yang semakin komplek dan kompetitif, serta mampu mengabdikan ilmu pengetahuannya dimasyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara. Apalagi, selama menempuh pendidikan di Unwar, para wisudawan telah diberikan pelayanan yang memadai dengan berbagai fasilitas yang berbasis IT. Penyediaan di bidang sarana dan prasarana juga terus diupayakan. Salah satunya menyediakan perpustakaan berbasis E-Library (E-Journal, E-Book, E-Repository) yang didukung oleh sistem informasi Online berbasis SLIM-7  yang bisa diakses dari manapun dan setiap saat oleh seuruh civitas akademika Unwar.
 
Selain itu, dalam peningkatan kualitas pembelajaran, Unwar telah melakukan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang lebih baik melalui Audit Mutu Internal (AMI) setiap tahunnya yang berada di bawah Koordinasi Badan Penjaminan Mutu (BPM). Di samping itu, semua prodi di lingkungan Unwar telah memberlakukan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Tahun 2016 yang menekankan setiap dosen wajib menjalankan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL).
 
Di bidang penguatan kelembagaan AIPT, dikatakan Unwar telah terakreditasi B dengan menempati peringkat 63 dari 4.600 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bahkan, Unwar menduduki ranking 1 perguruan tinggi swasta di Indonesia bagian Timur. Dari 20 prodi yang ada, prodi Peternakan Fakultas Pertanian Unwar menjadi satu-satunya  telah mencapai akreditasi unggul yaitu peringkat A. Untuk manambah akses masyarakat dari segi kelembagaan saat ini Unwar telah mengusulkan Vokasi D3, yaitu Sistem Informasi Akuntansi dan D4  Perpajakan. "Yang sangat membanggakan adalah lulusan uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter FKIK mencapai 88,44 persen jauh melampaui rata-rata lulusan tingkat nasional yang hanya 63,11 persen,"ujar Prof. Widjana.
 
Lebih lanjut dikatakan, pada kegiatan bidang forum akademik sebagai implementasi kerjasama juga telah dilakukan beberapa kali, baik ditingkat nasional maupun internasional, yaitu International Conference on Bussines Law and Local Wisdom in Tourisme University. Diantaranya, kerjasama dengan Unas Jakarta, kerjasama dengan Maharishi University of Manjement, Iowa USA, kerjasama dengan Chung Yuan Christian University Taiwan. Disamping juga mengadakan seminar-seminar tingkat internasional yang mengundang narasumber yang ahli di bidang ilmu masing-masing.
 
Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si mengatakan pada acara Dies Natalis ke-34 dan Wisuda ke-58 beliau berharap Unwar semakin dipercaya oleh masyarakat dan selalu memberikan yang terbaik dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik di tingkat regional, nasional dan bahkan internasional. Ia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Rektorat dan jajaran, para Dekan dan Direktur Pascasarjana bahwa hari ini Unwar melepas 1022 mahasiswa untuk kemudian menjadi sarjana dan pascasarjana yang nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan sumber daya manusia dan diharapkan bagi wisudawan yang di lepas kali ini mampu membawa nama baik almamater dan bisa menjadi insan-insan yang kritis, kredibel, akuntabel dan tentu professional sebab hanya dengan cara itu mereka akan selalu tampil dan menjadi insan-insan yang unggul dimana semua lulusan unwar sudah dibekali dengan semnagt Sapta Bayu sebagai satu kekuatan rohaniah yang nantinya bisa menjadikan panduan bagi para wisudawan yang hidup dan berkehidupan di tengah-tengah masyarakat.”, harapnya.
 
Humas Bappsik Melaporkan
  • 18 September 2018
  • 202 Pengunjung

Lainnya

Pencarian