• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Prodi MKN Unwar Gelar Seminar Nasional “Pencantuman Klausula Arbitrase Dalam Akta Notaris yang Konstitutif”

  • 06 Oktober 2020
  • 126 Pengunjung
Prodi MKN Unwar Gelar Seminar Nasional “Pencantuman Klausula Arbitrase Dalam Akta Notaris yang Konstitutif”

Setelah sukses menggelar Musyawarah Nasional Forum Kerjasama Prodi Magister Kenotariatan (FKPS MKN) Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia, hari ini Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi MKN) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) menggelar Seminar Nasional (Semnas) dengan mengusung tema “Pencantuman Klausula Arbitrase Dalam Akta Notaris yang Konstitutif” pada Sabtu, 3 Oktober 2020 bertempat di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Pada Semnas ini dilakukan penandatanganan MoU antara Unwar dengan Pengurus Pusat INI. Selain itu, juga dilakukan penandatanganan KSO antara Kaprodi MKN Unwa dengan Pengwil INI Provinsi Bali Pengwil IPPAT Provinsi Bali terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi secara online dan offline.

Direktur PPs Unwar Dr. Dra. A. A. Rai Sita Laksmi, M.Si., mengatakan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Magister Kenotariatan ini merupakan implementasi dari penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Unwar dengan Pengurus Pusat INI dan juga merupakan implementasi dari penandatanganan KSO yang dilakukan oleh Prodi MKN Unwar dengan Pengwil INI dan Pengwil IPPAT Provinsi Bali. “Saya sangat mengapresiasi dan sangat menyambut baik atas terselenggaranya Seminar Nasional ini karena hal ini sangat penting dilakukan dalam upaya untuk menjadikan calon-calon notaris yang professional. Dan harapannya materi-materi yang dikaji dalam seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi calon notaris dalam penyelesaian sengketa yang dihadapi dan dapat diimplementasikan saat sudah menjadi notaris nantinya”, pungkasnya.

Ketua Prodi MKN PPs Unwar Dr. I Nyoman Sujana, S.H., M.Hum., mengatakan Seminar Nasional yang diselenggarakan hari ini yang mengambil tema Pencantuman Klausula Arbitrase Dalam Akta Notaris yang Konstitutif. Ini merupakan implementasi dari penandatanganan MoU antara Pengurus Pusat INI dengan Rektor Unwar dan dilanjutkan dengan penandatanganan KSO antara Prodi MKN Unwar dengan Pengwil INI dan Pengwil IPPAT Provinsi Bali. Semnas hari ini sesungguhnya merupakan implementasi daripada penandatanganan MoU dan KSO. MKN PPs Unwar melakukan kerjasama dan implementasinya yaitu memberikan peluang kepada Pengwil Bali untuk ikut membenahi kualitas lulusan Unwar sesuai dengan visi dan misi MKN Unwar yaitu melahirkan lulusan MKN yang bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034. Kegiatan ini melibatkan orang-orang yang professional dibidangnya dan mempunyai kompetensi agar lulusan Unwar mampu menjadi notaris yang professional. ”Sebagaimana dipahami situasi Covid-19 saat ini banyak kontrak-kontrak yang tidak bisa dilaksanakan dengan alasan perusahaan melakukan PHK terhadap karyawan, tidak memberikan pesangon kepada karyawan tersebut namun dalam kontrak tersebut tidak ada tertuang penyelesaian sengketa. Sehingga persengketaan lewat pengadilan apalagi permasalahan bisnis, kontrak kerja, maupun kontrak properti jika diselesaikan lewat pengadilan akan memakan waktu yang cukup lama sehingga jika dalam akta notaris yang bersifat konstitutif sudah tertuang Klausula Arbitrase maka dalam upaya penyelesaian sengketa akan cepat terselesaikan, dengan sederhana, dan dengan biaya yang ringan pula”, ungkapnya.

Ketua Ikatan Notaris Indonesia Pengwil Bali I Wayan Muntra, S.H., mengatakan materi yang diberikan di Seminar Nasional ini sangat luar biasa karena jika berbicara tentang Arbitrase penyelesaian sebuah sengketa dari perjanjian. Perjanjian yang dimaksud adalah perjanjian yang dibuat oleh notaris. Pencantuman Klausula Arbitrase ini sebelumnya ada di dalam akta notaris namun akhirnya penyelesaian sengketa pada umumnya langsung ke peradilan, namun pencatuman ini jarang dilakukan oleh notaris. Dalam seminar ini diharapkan agar menemukan sebuah formulasi yang tepat, jadi pencantuman Klausula penyelesaian Arbitrase bisa dicantumkan agar penyelesaian sengketa-sengketa tentang perjanjian itu dapat terselesaikan. Di tengah kondisi sekarang ini tentu ini menjadi suatu hal yang penting untuk bisa dijadikan sebuah solusi atau dasar dalam penyelesaian sebuah sengketa perjanjian. Memberikan sebuah formulasi melalui seminar ini agar pencatuman  Klausula Arbitrase dapat dipahami oleh rekan-rekan notaris, calon notaris, dan juga para mahasiswa bahwa pencantuman Klausula Arbitrase itu sah dan diperbolehkan karena termasuk Arbitrase penyelesaian sengketa di luar peradilan umum.

Humas Unwar Melaporkan

  • 06 Oktober 2020
  • 126 Pengunjung

Lainnya

Pencarian