• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Unsur Pelaksana Akdemik Tentang Akreditasi/Sertifikasi Laboratorium

  • 06 Oktober 2020
  • 104 Pengunjung
Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Unsur Pelaksana Akdemik Tentang Akreditasi/Sertifikasi Laboratorium

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Warmadewa menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Unsur Pelaksana Akdemik Tentang Akreditasi/Sertifikasi Laboratorium di Lingkungan Universitas Warmadewa pada Sabtu, 3 Oktober 2020 di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar. Acara dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Wakil Rektor I dan III Unwar, Kepala Lemlit, Wakil Dekan I FKIK, Wakil Dekan I FTP, Wakil Dekan I FP Unwar, Kaprodi, Ka.Lab dan Tenaga Lab di lingkungan Unwar. Narasumber yaitu Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Sulawesi Selatan Taufiq Hidayat, S.Si., dengan moderator Kepala BPM Unwar.

Kepala BPM Prof. Dr. Ir. I Gede Suranaya Pandit, MP., mengatakan pelatihan ini sangat penting bagi fakultas dan prodi yang memiliki lab untuk mendukung faliditas hasil pengujian serta skill maupun prodi yang nantinya akan mengajukan akreditasi ke BAN-PT. Salah satu parameter akreditasi BAN-PT bagi prodi yang memiliki lab memang diisyaratkan lab tersebut telah tersertifikasi. Pelatihan ini merupakan salah satu aktifitas serangkaian kegiatan dalam rangka rencana pengajuan akreditasi di masing-masing fakultas. Dengan tersertifokasinya lab di lingkungan Unwar, maka hasil pengujian lab sudah tidak diragukan lagi dan tidak ada multitafsir.

Rektor Unwar yang diwakili Wakil Rektor I Unwar Ir. I Nyoman Kaca., M.Si. mengatakan pekerjaan seorang lab kedepan sangat berat harus memenuhi ketiga standar, di standar pendidikan juga ada dituntut. Lab yang terakreditasi itu layak dijual. Tidak semua universitas memiliki lab yang terakreditasi. Pengelola lab harus diformulasikan seberapa jauh penggunaan lab. Demikian juga seorang laboratorium volume kerja per hari apakah memenuhi 37,5 jam per minggu dan juga penggunaan lab tersebut. Sarpras lab harus bagus. Ia berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kompetensi para peserta sosialisasi dalam pengelolaan laboratorium.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., memberikan apresiasi kepada BPM karena menyelenggarakan suatu acara penting dalam peningkatkan kompetensi dan mendukung pelaksanaan borang yang sudah memasuki 9 standar. Ia memberikan dukungan penuh kepada laboran karena laboran adalah salah satu unsur untuk mendukung akademik yang sangat penting, utamanya ilmu eksata dan juga ilmu sosial, dan hampir semua prodi memiliki lab. Laboratorium merupakan miniatur praktek mahasiswa dimana diharapkan mahasiswa dapat memiliki kompetensi yang memadai sesuai bidang ilmunya dan terfokus pada akademik kuliah dan keterampilan mahasiswa dalam analisis uji-uji reseach khususnya di bidang eksata.

Humas Unwar Melaporkan.

  • 06 Oktober 2020
  • 104 Pengunjung

Lainnya

Pencarian