• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Prodi MKn Unwar Gelar Munas Forum Kerjasama Prodi MKn PTS Se-Indonesia

  • 06 Oktober 2020
  • 56 Pengunjung
Prodi MKn Unwar Gelar Munas Forum Kerjasama Prodi MKn PTS Se-Indonesia

Ditunjuk sebagai tuan rumah, Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi MKn) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) sukses menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Forum Kerjasama Prodi Magister Kenotariatan (FKPS MKn) Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia, Jumat (2/10). Bertempat di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Munas FKPS MKn ini sukses digelar berkat bekerjasama dengan Pengwil Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Pengwil Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Provinsi Bali.

Pada Munas ini dilakukan penandatanganan MoU antara Unwar dengan Pengurus Pusat INI secara online dan offline. Selain itu, juga dilakukan penandatanganan KSO antara Kaprodi MKn Unwar dengan Pengwil INI Provinsi Bali dan Pengwil IPPAT Provinsi Bali terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara Anggota Forum Prodi MKn PTS se-Indonesia dengan Pengurus Pusat INI mengenai Kriteria Pengajar pada Prodi MKn dari Perspektif Pengurus Pusat INI.

Ketua Pengurus INI Bali, I Wayan Muntra, S.H., berharap Munas FKPS MKn PTS se-Indonesia ini bisa melahirkan kerjasama operasional Prodi MKn dengan melakukan MoU bersama Pengurus Pusat INI dan juga Pengwil INI Bali. Sehingga, Prodi MKn Unwar bisa melahirkan calon-calon notaris yang lebih profesional dan bisa menjunjung tinggi harkat martabat jabatan sebagai Notaris dan juga PPAT.

Ketua IPPAT Pengwil Bali, I Made Widiada, S.H., mengakui keberadaan IPPAT dan INI tidak bisa dipisahkan, karena keduanya berperan penting dalam rangka pembuatan akte. Oleh karena itu, peran PPAT dalam kondisi perkuliahan dan lain sebagainya sangat berperan. Ia berharap hubungan dan hasil yang dikeluarkan terkait dengan perkuliahan MKn akan lebih bermutu.

Ketua Forum Kerjasama Prodi Magister Kenotariatan Indonesia, Dr. Habih Adjie, SH.,M.Hum., berharap dengan adanya MoU ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi MKn. Selain itu, juga diharapkan mampu mensinergikan secara akademis dan teoritis Prodi MKn. Sebab, apabila antara teoritis dan praktisi tidak sinergi, maka sangat sukit dalam mengimplemetasikannya.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., melalui Munas dan kerjasama ini diharapkan bisa menambah kapasitas para lulusan MKn. Apalagi, saat ini sengketa-sengketa di bidang kenotariatan lumayan banyak. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi mereka masih belum cukup. "Saya berharap dari kedua event ini mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalitas dari lulusan MKn. Tentunya dengan MoU tidak akan ada maknanya apabila tidak ditindaklanjuti oleh kegiatan yang operasional,"ujar Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan kegiatan FKPS MKn PTS se-Indonesia sangat oenting dilakukan untuk bisa memberikan pemahaman yang profesional kepada mahasiswa Prodi MKn. Sebab, kenotariatan merupakan sebuah profesi dan ikatan keorganisasian profesi yang  bisa memberikan satu standarisasi terhadap para notaris, termasuk juga program notariat. Sehingga, produk-produk notaris yang dihasilkan oleh penyelenggara pendidikan kenotariatan ini memiliki standar nasional yang kompetensinya harus tetap dijaga.

Humas Unwar Melaporkan

  • 06 Oktober 2020
  • 56 Pengunjung

Lainnya

Pencarian