• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Yudisium Sarjana LXIII Fakultas Pertanian Unwar "Lulusan Dibekali Berbagai Keterampilan"

  • 09 September 2020
  • 92 Pengunjung
Yudisium Sarjana LXIII Fakultas Pertanian Unwar

Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar upacara yudisium Sarjana LXIII Periode II Tahun 2020 di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Rabu, 9 September 2020. Sebanyak 38 orang yudisiawan yang terdiri dari 22 orang dari Prodi Agroteknologi, 5 orang dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan, 7 orang dari Prodi Peternakan, dan 4 orang dari Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan dilepas langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Unwar, Ir. I Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb., didampingi para wakil Dekan. Lulusan yudisiawan terbaik diraih oleh Putu Krisnawan Kalimutu dari Prodi Agroteknologi dengan IPK 3,99 (Cumlaude). Pelaksanaan upacara yudisium mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Dekan Fakultas Pertanian Unwar, I Dewa Nyoman Sadguna mengatakan yudisiawan/yudisiawati yang dilepas telah dibekali dengan berbagai bidang ilmu dan keterampilan, baik softskill maupun hardskill terutama di bidang kompetensi-kompetensi yang berkaitan dengan pendampingan ijazah. Selain itu, kemampuan para lulusan dalam menyesuaikan diri terhadap daya saing di pasar juga tidak diragukan. Sebab, keterampilan yang diperoleh dengan terjun langsung ke sektor pertanian membuat para lulusan telah terbiasa menghadapi tantangan dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan pertanian.

"Saya fikir dengan bekal ilmu pada bidang ilmu pertanian yang mereka telah dapatkan mereka akan bisa lebih mandiri. Tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi yang terpenting adalah mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Apalagi, lulusan bidang pertanian tidak jenuh-jenuh dengan jenis-jenis lapangan pekerjaan yang harus di-create dengan berbagai inovasi dan kreativitas,"ujar Dewa Sadguna.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Fakultas Pertanian Unwar saat ini telah memiliki 5 laboratorium untuk mendukung proses pembelajaran. Diantaranya, lab analisis pangan, lab produksi pangan, lab green house, lab lapangan dan lab sumber daya perairan, serta didukung lab peternakan. Selain itu, berbagai kerjasama juga lembaga-lembaga yang berkaitan. Semua fasilitas dan kerjasama yang dilakukan untuk mendukung pencapaian pembelajaran. Alumni Fakultas Pertanian Unwar telah tersebar dan terserap di berbagai sektor. Baik menjadi PNS maupun wirausaha. Bahkan, sebagian besar telah menduduki jabatan penting. Dan beberapa yang menekuni pertanian

Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Pertanian Unwar tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga meningkatkan kompetensi lulusan agar mampu bersaing secara global. Salah satunya adalah dengan meningkatkan fasilitas penunjang proses pembelajaran untuk menciptakan lulusan SDM yang berkarakter, profesional, dan berintegritas.

Tidak kalah penting para lulusan juga dibekali dengan berbagai keterampilan yang mengarah kepada visi Unwar yaitu Ekowisata. Bahkan, semua bahan kajian mata kuliah yang diberikan para dosen kepada mahasiswa isinya telah mengarah pada branding ekowisata. Beberapa alumni Fakultas Pertanian Unwar sudah banyak yang berhasil di Bali maupun di luar Bali. Hal ini dapat terwujud karena mereka mampu melihat perkembangan pasar dan memiliki inovasi, motivasi, dan semangat yang tinggi. Sehingga mampu menciptakan produk-produk unggul yang memiliki nilai ekonomis.

Humas Unwar
Melaporkan

  • 09 September 2020
  • 92 Pengunjung

Lainnya

Pencarian