• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Yudisium Sarjana Ke-65, FH Unwar Menuju Pusat Pengembangan Studi Ilmu Hukum

  • 09 September 2020
  • 101 Pengunjung
Yudisium Sarjana Ke-65, FH Unwar Menuju Pusat Pengembangan Studi Ilmu Hukum

Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) menggelar upacara Yudisium Sarjana LXV (65) program studi (Prodi) Ilmu Hukum periode September 2020 di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Selasa 8 September 2020. Sebanyak 100 orang lulusan Sarjana dilepas oleh Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH.,MH., bersama para Wakil Dekan FH Unwar. Upacara yudisium dilaksanakan secara langsung (offline) dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sebanyak 100 orang Sarjana yang dilepas, sebanyak 43 orang lulus dengan predikat cumlaude dan 57 orang lulus sangat memuaskan. Berdiri selama 35 tahun, Prodi Ilmu Hukum FH Unwar sampai saat ini memiliki alumni sebanyak 5.621 orang. Sejak setahun lalu FH Unwar telah terakreditasi A (unggul).

"Dengan keunggulan ini, tentu dari 100 orang Sarjana yang dilepas pada yudisium kali ini memiliki kompetensi yang baik terutama dalam mendukung visi Fakultas Hukum yang unggul, berwawasan ekowisata dan berdaya saing global pada tahun 2034,"ujar Dekan FH Unwar, Prof. Budiartha. Untuk mencapai visi tersebut, FH Unwar yang saat ini memiliki student body sebanyak 2.021 orang mahasiswa terus gencar melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam pelakasanaan proses akademik misalnya. FH Unwar telah menerapkan kurikulum berbasis SN-Dikti mengacu pada KKNI yang selanjutnya disebut Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT-Dikti). Bahkan, untuk menyiapkan lulusan dengan keterampilan khusus FH Unwar memberikan pelatihan Mediator dan Contract Drafting oleh Jimly School, Legal Drafting oleh Kemenkumham, dan Profesi Advokat yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Mahasiswa juga diwajibkan memenuhi TOEFL minimal 400 untuk memenuhi standar akreditasi.

Pada bidang penelitian, FH Unwar mewajibkan setiap dosen memiliki 1 buah penelitian setiap tahunnya yang melibatkan 20% mahasiswa. Sedangkan untuk pengabdian kepada masyarakat telah didorong adanya peningkatan kuantitas maupun kualitasnya yang telah bekerjasama dengan pemerintah, baik di Bali maupun luar Bali. Dalam bentuk Kerjasama, FH Unwar telah melakukan kerjasama baik secara nasional maupun internasional. Untuk kerjasama nasional ada dari Pemprov Bali dan Kabupaten se-Bali, Mahkamah Agung, Peradi/AAI, Peradin, PKPA, dan Kemenkumham. Sedangkan kerjasama Internasional terjalin dalam bentuk MoU dengan Charles Darwin University Australia, Tripura University India, Maharsi University Amerika Serikat, Neigata University Japan, Thammasat University Thailand, University Teknologi Mara Malaysia, Universitas Dili Timor Leste, Hooge School dan Leiden University Belanda, Han-Kuk University dan Younsang University Korea, Vietnam National Univeristy, dan Royal University of Law and Economic Kamboja.

Tercapainya sasaran mutu lulusan ini, karena FH Unwar saat ini didukung sebanyak 60 orang tenaga dosen tetap. Dimana, 33 orang Doktor (4 diantaranya bergelar Profesor/Guru Besar), 10 orang kandidat doktor, serta 17 orang dosen S2. Di samping juga dibantu dari dosen luar, seperti Universitas Udayana (Unud) dan Praktisi, seperti Pengadilan, Kejaksaan, Pengacara, dan Notaris.

Pada kesempatan ini, pihaknya berharap agar usulan pembentukan Prodi S3 (Doktor) Ilmu Hukum bisa segera terwujud di tahun 2020 ini. Sehingga, FH Unwar bisa menjadi pusat pengembangan studi ilmu hukum. Apalagi, FH Unwar telah mengembangkan Prodi Magister Ilmu Hukum dan Magister Kenotariatan. Pada upacara Yudisium ini diserahkan piagam penghargaan kepada yudisiwan lulusan terbaik (Dyah Merry Ani dengan IPK 3,89), penghargaan kepada mahasiswa berprestasi di bidang non akademik (I Gusti Ayu Intan Chandra Dewi), dan penyerahan kenang-kenangan dari yudisiawan kepada Dekan dan sebaliknya.

Humas Unwar Melaporkan

  • 09 September 2020
  • 101 Pengunjung

Lainnya

Pencarian