• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

PELATIHAN MOODLE E-LEARNING BAGI DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS WARMADEWA

  • 06 Agustus 2020
  • 244 Pengunjung
PELATIHAN MOODLE E-LEARNING BAGI DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS WARMADEWA

Pelatihan dalam rangka Tata Kelola Bidang Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi tentang bagaimana mengunakan e-learning dan mengembangkan konten e-learning berbasis multimedia bagi para dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2020, bertempat di Ruang Laboratorium Ilmu Ekonomi dan Syudi Pembangunan Lantai IV. dr. Rima Kusuma Ningrum, MMedEd (Dosen FKIK) sebagai Kepala Lembaga Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet.

Perlu dicatat bahwa dampak dari penggunaan e-leaning juga harus diperhatikan seperti dimungkinkannya terjadi interaksi antara dosen dan mahasiswa menurun, sehingga bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses pembelajaran. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya akan mendorong tumbuhnya aspek bisnis. Mahasiswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung akan tertinggal dan gagal.
Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, dr. Rima Kusuma Ningrum, MMedEd menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut:

  1. e-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line.
  2. e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan.
  3. kapasitas mahasiswa amat bervariasi tergantung pada bentuk isi dan cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar content dan alat penyampai dengan gaya belajar, maka akan lebih baik kapasitas mahasiswa yang pada gilirannya akan memberi hasil yang lebih baik.

dr. Adi Pratama Putra P., S.Ked selaku (Koordinator Pengelola E-learning) memulai materi dimulai dari pengenalan internet, website dan perangkat lunak MOODLE. Materi diakhiri dengan memberikan tugas mandiri bagi masing-masing peserta untuk membuat dan mengembangkan sendiri e-learning disesuaikan dengan bidang ajar peserta. Dari peserta dengan jumlah 15 Dosen, semuanya dapat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir. Selain itu, kesemua Dosen dapat menyelesaikan tugas mandiri dengan baik, yaitu mampu membuat dan mengembangkan e-learning beserta kontennya.


Humas FEB Melaporkan

  • 06 Agustus 2020
  • 244 Pengunjung

Lainnya

Pencarian