• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Universitas Warmadewa Melepas Mahasiswa KKN PPM Unwar Tahun 2020 secara Virtual

  • 06 Agustus 2020
  • 320 Pengunjung
Universitas Warmadewa Melepas Mahasiswa KKN PPM Unwar Tahun 2020 secara Virtual

Universitas Warmadewa Melepas Mahasiswa KKN PPM Unwar Tahun 2020 secara Virtual yang disiarkan secara Live di Youtube Channel Universitas Warmadewa pada Hari Selasa, 4 Agustus 2020 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar, WR I, WR II, WR III Unwar, Dekan Fakultas dilingkungan Unwar, Direktur Pascasarjana Unwar, Ka. LPM beserta sekretaris, Ketua Panitia KKN PPM Unwar 2020, Perwakilan Dosen pembimbing KKN di masing-masing Fakultas, Panitia KKN PPM Unwar 2020, perwakilan mahasiswa di masing-masing Fakultas, dan seluruh peserta KKN PPM Unwar 2020 yang mengikuti langsung dengan ZOOM dan secara live di Youtube Unwar.

Program KKN PPM Tahun 2020 ini, Universitas Warmadewa (Unwar) menerjunkan sebanyak 1.890 orang mahasiswanya di 4 provinsi. Yaitu, di 36 desa dan 10 kecamatan di Provinsi Bali, dan 14 desa yang tersebar di Provinsi Jawa Timur, NTT, dan Papua. KKN-PPM Daring Covid-19 yang mengusung tema "Ketahanan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19" ini akan berlangsung hingga 1 September 2020.

Kepala LPM Unwar, Dr. Drs. I Wayan Wesna Astara, S.H.,M.Hum.,M.H., mengatakan sudah saatnya mahasiswa ikut berpartisipasi dalam memberdayakan dan menggali potensi masyarakat dalam pencegahan penularan Covid-19, serta dampaknya. Meskipun KKN-PPM ini lebih dominan (90%) dilakukan secara daring, namun mahasiswa diarahkan untuk tetap memberikan pendampingan serta solusi, baik secara individu di sekitar rumah mahasiswa tinggal/kost, maupun secara kelompok dengan interdisipliner ilmu. Sementara itu, hanya 10 % kegiatan akan dilakukan secara offline dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unwar berkewajiban memberikan kontribusi dalam upaya mempercepat menuntaskan permasalahan yang diakibatkan Covid-19 di tengah masyarakat. Melalui program KKN-PPM Daring Covid-19 ini, mahasiswa mampu memberikan kontribusi dan solusi nyata dalam memberdayakan ketahanan masyarakat di desa. Sehingga, tatanan kehidupan era baru (new normal) benar-benar bisa dilakukan oleh masyarakat demgan tetap mengedukasi mereka tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Rektor berharap mahasiswa KKN-PPM bisa secara bersama-sama masyarakat menyelesaikan permasalahan riil yang dihadapi masyarakat dipedesaan dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dalam arahannya menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah memunculkan 3 permasalahan, yaitu permasalahan kesehatan, ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi masyarakat. Apalagi permasahalan terkait dengan kesehatan, maka mahasiswa harus mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat. Apabila permasahalannya terkait ekonomi, maka mahasiswa harus mampu membangkitkan dan memperkuat lumbung-lumbung perekonomian masyarakat. Dan apabila terkait dengan sosial, maka mahasiswa harus mampu membangkitkan semangat gotong royong masyarakat di pedesaan. Dengan demikian, permasahalan yang dihadapi masyarakat akibat pandemi Covid-19 bisa diatasi bersama-sama.


Humas Unwar Melaporkan

  • 06 Agustus 2020
  • 320 Pengunjung

Lainnya

Pencarian