• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi MM PPs Unwar

  • 30 Juli 2020
  • 139 Pengunjung
Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi MM PPs Unwar

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Unwar menyelenggarakan Workshop Penyempurnaan Kurikulum Prodi Magister Manajemen Program Pascasarjana Unwar pada Kamis, 30 Juli 2020 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar.

Narasumber dalam Workshop Kurikulum ini adalah :
1.    Prof. Dr. Ir. G. P. Ganda Putra, MP., dengan materi Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.
2.    Dr. I Nyoman Suwidjana, MA.MH., Suzy Hutomo, dan Gede Krisna, dari Tim Bali Tourism Board dengan materi Ecotourism Sustainability.
3.    Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.M., dengan materi Kebijakan Akademik Program Pascasarjana Unwar

Ketua Panitia Dr. ida Bagus Udayana Putra, S.E., M.M., mengatakan kesiapan dalam globalisasi terutama pada era industri 4.0 harus di antisipasi oleh dunia pendidikan terutama pendidikan tinggi. Keberadaan pendidikan tinggi sudah selayaknya dituntut adanya tanggung jawab secara visi, misi dan tujuan yang mampu menjawab tuntutan pembangunan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Perubahan kurikulum merupakan konsekuensi perubahan visi dan misi yang telah dilakukan di tingkat universitas, di tindaklanjuti oleh perubahan di tingkat Program Pascasarjana dan prodi di bawah PPs Unwar. Demikian juga Prodi MM PPs Unwar telah memiliki kurikulum di sesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berdasarkan Perpres No. 8 Tahun 2012 yang di tindaklanjuti dengan Permendikbud No. 73 tahun 2014 tentang penerapan KKNI dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Dengan terbitnya Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi perlu kiranya ada penyempurnaan kurikulum agar seluruh kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan secara sistematis dan hasil dari proses belajar mengajar tersebut dapat tercapai secara maksimal sesuai dengan capaian pembelajaran dan potensi lulusan. Peserta workshop dari kalangan dosen Prosi MM PPs Unwar, para alumni, stakeholder dan para dosen di lingkungan Unwar karena kegiatan ini juga diselenggarakan secara online.

Direktur PPs Unwar yang diwakili oleh Sekretaris PPs Unwar Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.M., dilihat dari UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Dalam kurikulum paling tidak ada 4 komponen yang harus selalu muncul yaitu dimulai dari capaian pembelajaran, yang kedua adalah bahan kajian yang harus di kuasai, yang ketiga strategi pembelajaran dan yang keempat adalah evaluasi. Sudah diketahu saat ini di era global, era industri 4.0 dan juga persiapan menuju era industri 5.0, pada intinya adalah segala sesuatu akan berubah sangat cepat sesuai dengan perkembangan teknologi. Oleh karena itu capaian pembelajaran di PT khususnya di Prodi juga harus mengalami perubahan karena bagaimanapun juga orientasi daripada output PT adalah berdasarkan pasar dan kebutuhan pasar kerja. Bagaimana arah kebijakan PT dalam pembentukan outputnya sangat diperlukan oleh pasar kerja.

Salah satu karakteristik daripada kurikulum adalah dinamis. Dalam aturan juga sudah dijelaskan bahwa setiap 2 tahun sekali harus ada perubahan kurikulum. Inilah yang melandasi bahwa Prodi MM PPs Unwar saat ini juga harus mempersiapkan diri untuk melakukan perubahan untuk kurikulum terlebih karena adanya pandemic Covid-19, dimana sebelumnya tidak terpikirkan bahwa pembelajaran online akan menjadi model pembelajaran yang umum tetapi saat ini dituntut harus berhadapan dengan sistem pembelajaran online, jadi secara otomatis kurikulum juga harus di sesuaikan dengan proses pembelajaran tersebut. Adanya wacana atau rencana dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang akan mengarahkan kampus untuk menjadi kampus merdeka, sehingga kurikulum juga harus membuat arah bagaimana implementasi kampus merdeka tersebut. Disamping itu dengan adanya kompetisi global yang sangat kuat saat ini PT ditantang harus siap melakukan perubahan dengan tujuan mampu menjadi unggul dalam berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu perubahan kurikulum menjadi suatu keharusan yang harus dilaksanakan oleh Prodi.

Rektor Unwar yang diwakili oleh Dekan FEB Unwar Dr. I Made Sara, SE.,MP., mengatakan bahwa perlunya memahami bersama mengapa kurikulum perlu di tinjau dan di evaluasi, itu dikarenakan bahwa saat ini  kita semua tidak pernah terlepas dari tuntutan perkembagan IPTEK itu sendiri. Yang kedua adalah kekukuhan daripada masyarakat, karena setiap masyarakat melihat perkembangan yang ada. Seperti yang sudah dibahas bahwa kurikulum bersifat dinamis dan tidak kaku dimana tuntutan perkembangan selalu akn ada sehingga perubahan juga harus selalu ada. Keterlibatan para narasumber di dalam peninjauan kurikulum ini tidak lain adalah terkait dengan visi baik di universitas maupun di fakultas dan prodi, penekannya adalah ekowisata. Harapannya di dalam pengembangan kurikulum ini nantinya semua bisa di adopsi oleh kurikulum yang terapkan nanti baik di program S1 maupun program S2. Kehadiran para dosen dan hadirin yang lainnya secara daring, diharapkan juga  dapat membantu memberikan masukan. Keterlibatan alumni juga sangat penting  dilihat dari sebagian besar peserta didik di prodi MM dikatakan sudah bekerja bahkan ada yang sudah menduduki jabatan di suatu kedinasan atau perusahaan, inilah yang juga harus menjadi perhatian. Dengan adanya sistem daring yang dilakukan dalam workshop peninjauan kurikulum ini dapat memanfaatkan atau mengadopsi banyak masukan-masukan para alumni dalam penyempurnaan penyusunan kurikulum.

Humas Unwar Melaporkan.

  • 30 Juli 2020
  • 139 Pengunjung

Lainnya

Pencarian