• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unwar menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat di Bangli

  • 02 Desember 2019
  • 102 Pengunjung
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unwar menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat di Bangli

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema "Meningkatkan Potensi Desa dengan Pemberdayaan Masyarakat untuk Mengembangkan Ekowisata dan Pertenakan Ayam Petelur" di Desa Abuan, Susut Bangli pada hari Sabtu-Minggu, 30 November 2019-1 Desember 2019.

Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar yang diwakili WR III Unwar, Perbekel Desa Abuan, Ka. LPM Unwar, Para Narasumber, Ka. BAAK Unwar, Kabag. Kemahasiswaan, Babimkamtimnas Desa Abuan, Babinsa Desa Abuan, Bendesa Adat dilingkungan Desa Abuan, Masyarakat Desa Abuan, DPM dan BEM Fakultas dilingkungan Unwar, Unitas dilingkungan Unwar, dan seluruh Panitia.

Ketua BEM Unwar, Kadek Yoga Pratama dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh BEM Unwar. Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh mahasiswa. Pengabdian untuk tahun 2019 mengambil tempat di Desa Abuan, Susut, Bangli. Pemilihan tempat ini karena ada beberapa masalah yang ditemukan oleh panitia BEM saat survei di lokasi. Adapun beberapa masalah pokok yang diperoleh mahasiswa dari hasil surveinya adalah pengelolaan obyek wisata berupa tempat pengelukatan yang berada di Desa Apuan masih belum tertata dan terawat sehingga masih sedikit peminat yang berkunjung ke lokasi tersebut untuk berwisata religi. Selain itu terdapat juga masalah yang dihadapi oleh masyarakat Desa Abuan yang bekerja sebagai peternak ayam petelur yang sebagian besar ayamnya mengalami kematian akibat terserang penyakit. Dua masalah inilah yang diangkat oleh BEM Unwar sebagai tema untuk pengabdian masyarakat tahun ini dengan menghadirkan narasumber yang merupakan pakar pada bidangnya masing-masing. Harapannya dengan adanya penyuluhan dari ahlinya dan partisipasi aktif mahasiswa, masalah yang ada di Desa seperti mewujudkan Desa Abuan menjadi desa ekowisata dapat terwujud, serta kematian ayam petelur dapat diatasi dengan materi-materi yang disampaikan pada penyuluhan ini.

Pejabat Perbekel Desa Abuan, I Dewa Alit Asnawan, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pasrtisipasi mahasiswa dan seluruh Civitas akademika Universitas Warmadewa atas penyelenggaraan kegiatan Pengadian Masyarakat di Desa Abuan. Kedatangan mahasiswa ini akan sangat membantu demi berkembangnya Desa Abuan untuk menjadi lebih baik lagi. Sebagaian masyarakat desa Abuan bekerja sebagai peternak ayam petelur. Ada beberapa masalah yang dihadapi peternak ayam ini sehingga ayamnya banyak meninggal akibat terserang penyakit. Melalui penyuluhan inilah, pengetahuan-pengetahuan dan ilmu-ilmu yang diperoleh peternak dapat diaplikasikan sehingga perternak memproleh dampak positif dari kegiatan ini. Selain itu, Desa Abuan juga dikenal memiliki tempat melukat yang ada di areal Desa Abuan yang masih perlu penataan dan pengelolaan yang baik sehingga mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa ini. Kunjungan inilah secara tidak langsung akan berdampak pada perkembangan desa Abuan baik bagi bidang pariwisata dan perekonomian.

Rektor Unwar yang diwakili WR III Unwar, Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT., IPM., menyampaikan memberikan apresiasi kepada BEM Unwar atas kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini. Kegiatan pengabdian ini memiliki 3 kegiatan utama yang akan dilaksanakan pemaparan materi kepada masyarakat tentang Desa Ekowisita dan edukasi untuk peternak telur ayam, aksi bersih-bersih dan penanaman pohon untuk penghijauan, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Melalui kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini agar dapat dimaanfaatkan oleh masyarakat sekitar secara maksimal, sehingga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan program ini, desa Abuan sebagai deaa ekow…

  • 02 Desember 2019
  • 102 Pengunjung

Lainnya

Pencarian