• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Pengabdian Masyarakat di Desa Timpag Tabanan

  • 06 November 2019
  • 175 Pengunjung
Pengabdian Masyarakat di Desa Timpag Tabanan

Tim pengabdian masyarakat Unwar saat ini melakukan pengabdian di desa Timpag Tabanan (4/11).  Pengabdian masyarakat Unwar ini dikemas menjadi desa binaan. Tim dari Unwar yg hadir sebanyak 13 orang dengan berbagai disiplin ilmu, sedangkan dari desa timpag yg hadir adalah dari perangkat desa, subak, dan pengelola unit usaha desa.

Sekretaris desa mengatakan bahwa Tentang tata ruang desa Timpag baru hanya memiliki batas desa, yang dibutuhkan adalah tentang master plan desa timpag dalam rangka pengembangan desa wisata. Ini yang kami mohon bantuan dari tim pengabdian Unwar, imbuhnya. Kegiatann pengabdian hari ini merupakan kegiatan kedatangan yg kedua kalinya, saat ini kegiatan adalah memperdalam dan menggali informasi terkait dengan kegiatan budi daya pertanian, hama tikus, perlindungan wilayah, zonasi wilayah, kesadarannkeaehatan, perlundungan SDA, perlindungan hukum dalam usaha, potensi ekonomi, pengembangan potenai keuangan desa, dan menjaga keberadaan masyarakat adat.

Catatan diskusi penting antara lain  disampaikan bahwa Setiap desa memiliki potensi untuk dijadikan komoditas wisata unggulan. Keindahan dan keunikan alam akan menjadi wisata alam. Jika desa ini memiliki keunikan tradisi dan budayanya bisa menjadi destinasi wisata budaya. Jika desa tersebut memiliki menu makanan dan minuman khas tradisional yang unik baik dari bahan, rasa dan penyajiannya, bisa dijadikan destinasi wisata kuliner desa.

Jika desa tersebut memiliki kerajinan-kerajinan khas nan unik bisa menjadi destinasi wisata suvenir desa. Atau jika desa tersebut memiliki peninggalan-peninggalan yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi atau situs sejarah/prasejarah bisa menjadi tujuan wisata sejarah desa. Bahkan jika desa itu memiliki keunggulan hasil bumi atau hasil laut misalnya pertanian, perkebunan, perikanan dan lain-lain (contoh wisata petik apel, petik strawberry, petik tomat, cabai dan sayuran lain).

Dunia wisata dalam kekinian banyak mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Apapun bisa dijadikan wisata yang mendatangkan keuntungan ekonomi bagi warga sekitar, asal jeli melihat dan memanfaatkan peluang. Salah satu keunikan desa timpag adalah pengembangan dan penangkaran burung hantu dalam rangka membantu petani pengelolaan padi di sawah, disamping alamnya yg indah, budaya balinga yg masih kental, Ini bisa dikembangkan menjadi desa wisata berbasis alam dan budaya.

Humas Bappsik melaporkan

  • 06 November 2019
  • 175 Pengunjung

Lainnya

Pencarian