• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

Pelepasan Mahasiswa KKN-PPM Unwar Tahun 2019

  • 01 Agustus 2019
  • 354 Pengunjung
Pelepasan Mahasiswa KKN-PPM Unwar Tahun 2019

Universitas Warmadewa melepas 1056 mahasiswa KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat) pada Kamis, 1 Agustus 2019 di Lapangan Kampus Unwar. Peserta KKN akan di sebar di 50 desa yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota di Bali yaitu Denpasar, Badung, Gianyar, Klungkung dan Tabanan. Sesuai dengan namanya KKN-PPM, Ketua Panitia Ir. Putu Gede Suranata, M.T., mengatakan tema yang diangkat pada KKN ini adalah "Pengembangan Ekowisata Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa" dengan harapan penekanannya pada pemberdayaan masyarakat dimana ada tiga poin yang dituju diantaranya perubahan mindset masyarakat yang dikaitkan dengan pemahaman tentang ilmu pengetahuannya, skill, dan attitude.  

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan pada KKN-PPM kali ini ada aspek pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat jadi mahasiswa yang telah mendapatkan kompetensi selama mengikuti perkuliahan dianggap sudah mempunyai kapabilitas untuk bisa merealisasikan apa yang dimaksud dengan KKN-PPM tersebut.

"Dalam konteks pemberdayaan masyarakat dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa kita ingin mereka mampu mempergunakan keterampilannya untuk bisa bekerja bersama-sama dengan masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Dengan KKN yang bersifat berkelanjutan ini diharapkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat secara perlahan bisa di minimalisir sehingga kemandirian masyarakat otomatis akan tumbuh dengan sebaik-baiknya. Sedangkan dalam hal pembelajaran bisa di manfaatkan oleh mahasiswa untuk bisa belajar karena media pembelajaran ini sangat penting sekaligus sebagai media untuk mengimplementasikan apa yang di dapatkan selama perkuliahan," ujarnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan Warmadewa selalu tampil tidak saja dalam dunia akademik tetapi ikut sharing di tengah-tengah masyarakat melalui program KKN-PPM. Hari ini Unwar menyebar 1056 mahasiswa KKN dalam rangka bagaimana mahasiswa bisa berinteraksi, menemukan masalah, dan memecahkan masalah bersama-sama masyarakat. Pada intinya kampus sebagai menara air harus ikut hadir memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat dan mahasiswa sebagai kelompok intelektual yang tidak saja berkutik pada tataran teoritik tetapi bagaimana teori-teori yang didapatkan di bangku kuliah sesuai dengan bidang ilmunya yang kemudian di aplikasikan di masyarakat dan bersamaan dengan itu permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa di selesaikan melalui pendekatan teoritik, mempertemukan dunia kampus dengan masyarakat salah satunya melalui kegiatan KKN yang diselenggarakan di Warmadewa.

Humas Bappsik Unwar Melaporkan

  • 01 Agustus 2019
  • 354 Pengunjung

Lainnya

Pencarian