• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berwawasan Ekowisata dan Berdaya Saing Global Pada Tahun 2034 - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-

PELATIHAN KEPEMIMPINAN PEJABAT STRUKTURAL DI UNWAR TAHUN 2019.

  • 09 Juli 2019
  • 126 Pengunjung
PELATIHAN KEPEMIMPINAN PEJABAT STRUKTURAL DI UNWAR TAHUN 2019.

Universitas Warmadewa menyelenggarakan "Pelatihan Kepemimpinan bagi Pejabat Struktural di Universitas Warmadewa Tahun 2019" pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar. Pelatihan dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinis Bali, Rektor Unwar, Dekan FE Unwar, Dekan FISIP Unwar, Sekretaris Pascasarjana Unwar, Ka. SPI, Ka. BAUK, Ka. BAPPSIK, UPM/GPM Fakultas dan Pascasarjana di lingkungan Unwar, Sekretaris Jurusan, PS Magister di lingkungan Pascasarjana Unwar, Ka. Laboratorium di lingkungan Unwar. Narasumber dalam Pelatihan Kepemimpinan ini adalah Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dan Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana DAP&E., Sp. ParK., yang dimoderatori oleh Ka. BAPPSIK Unwar, I Made Artawan, SE., MM.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp. ParK., dalam pelatihan tersebut menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Unwar. Pemimpin dalam melaksanakan kepemimpinannya harus memiliki art dan science. Pemimpin harus memikiki seni dan cara dalam memimpin agar mampu mencapai tujuannya. Selain itu pemimpin juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan dalam memimpin sehingga segala program yang direncanakan dapat berjalan baik. Oleh karena itu pemimpin harus mampu mengerakan, mengarahkan, dan memotivasi bawahannya untuk bisa bekerja bersama-sama dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Sifat pemimpin ini tidak hanya bisa muncul sendiri, namun perlu adanya proses belajar dan berlatih tentang kepemimpinan. Karena pemimpin yang kuat harus menjadi seseorang yang punya kemampuan dalam mengarahkan, menggerakan, dan meningkatkan motivasi bawahannya sehingga adanya kerjasama dalam mencapai tujuan. Tujuannya dari pelatihan ini adalah semua unsur pimpinan ini perlahan-lahan sifat kepemimpinan akan dimiliki oleh semua orang. Harapannya kegiatan ini tidak hanya sekali setahun diadakan, bisa sampai dua atau tiga kali setahun. Karena pemahaman ilmu dalam menjadi pemimpin sangatlah penting dalam memajukan institusi dan memotivasi seluruh komponen yang ada didalamnya dalam mencapai tujuan bersama.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. A. A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., memyampaikan bahwa dalam suatu kepemimpinan terdapat masing-masing struktur yang diisi dengan pejabat-pejabat dengan kategori sebagai pemimpin. Sebagai seorang pemimpin, mereka harus mengerti tentang tugas, peran dan fungsi pemimpin dan ini sangat tergantung pada kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang pemimpin. Dalam ilmu kepemimpinan, pemimpin itu adalah orangnya sedangkan kepemimpinan adalah sifat yang dimiliki oleh orang tersebut. Sifat-sifat inilah yang sekarang kita transformasikan ke dalam bentuk pelatihan.

Pelatihan kepemimpinam harus lakukan secara terus-menerus. Pemimpin harus mampu menjawab tantangan dan tantangan ini akan bergerak terus menerus meningkat dan pergerakan tantangan ini harus sejalan dengan visi yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Melalui pelatihan kepemimpinan ini, diharapkan semua pejabat-pejabat yang ada di lingkungan Universitas Warmadewa harus memiliki visi dan misi dan mampu menjawab tantangan dalam menyatukan Visi dan Misi. Sehingga dalam mewujudkan visi dan misi, pemimpin harus bisa menggerakkan sumber daya yang ada baik itu SDM, sarana prasarana, sumber daya keuangan, dan sumber daya yang lainnya. Oleh karena itu pemimpin harus mampu mencermati tantangan yang akan dihadapi ke depannya dan terget yang harus dicapai hingga, 5, 10, dan 25 tahun kedepan.

Dalam pelatihan Narasumber pertama, Rektor Unwar menyampaikan materi tentang "Bagaimana Sebaiknya Unwar di Pimpin". Adapun yang disampaikan terkait dengan Visi Misi sebagai pemimpin, Pemimpin yang efektif, Cara memotivasi bawahan, Memelihara hubungan sosial yang baik, Pemberian penghargaan terhadap karyawan, Membangun kepercayaan, dan Menciptakan suasana kondusif dalam bekerja.  Dan narasumber kedua, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali menyampaikan materi tentang Pengertian kepemimpinan menurut para ahli Luar negeri dan Indonesia, Sifat kepemimpinan, Hal-hal yang harus dimiliki pemimpin, Pemimpin yang edukatif, Tugas pemimpin, Wewenang pemimpin, Gaya Kepemimpinan, Sapta Bayu, Kepemimpinan Asta Brata, dan Strategi mewujudkan visi dan misi.

Humas BAPPSIK Melaporkan.

  • 09 Juli 2019
  • 126 Pengunjung

Lainnya

Pencarian