Mahasiswi Unwar Raih Prestasi Internasional di Bidang Lingkungan

Oleh : | Jumat, 19 Januari 2024 | Dibaca : 128 Pengunjung

Mahasiswi Unwar Raih Prestasi Internasional di Bidang Lingkungan

Ni Kadek Cintya Devi Lestari, mahasiswi semester 3 FISIP Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar, membawa harum nama Bali di kancah internasional.

Cintya berhasil meraih 3rd Best Project Innovation dan Best Video Innovation dalam ajang Fully Funded Youth Program: Indonesian Youth Excursion Network (IYEN), yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 16-19 Januari 2024.
 
Cintya menuturkan bahwa keikutsertaannya dalam program ini dilandasi oleh kepeduliannya terhadap lingkungan. “Saya ingin memajukan SDGs (Sustainable Development Programs) di bidang lingkungan,” ungkap Cintya, Minggu (28/1/2024).
 
Cintya bersama timnya dari Kalimantan Timur, DKI, Jambi dan Jawa Timur, membuat project inovasi bernama ‘Maggotech’. “Project ini bertujuan untuk mengurangi dan mengelola limbah sampah organik,” jelas Cintya.
 
Sebelumnya, Cintya harus melewati beberapa tahapan seleksi sebelum akhirnya terpilih untuk mengikuti program ini. “Saya lolos seleksi berkas, tapi tidak lolos seleksi wawancara. Jadi saya mendapat spesial funded untuk biaya pendaftaran, sedangkan biaya keberangkatan ke Malaysia disponsori oleh rekan saya,” tuturnya.
 
Selama proses persiapan project, Cintya dan timnya melakukan meeting online setiap malam karena lokasi yang berbeda-beda.
 
Di Malaysia, Cintya dan timnya berkesempatan untuk mengunjungi Universitas Malaya dan Universitas lain, perusahaan coklat, Petronas, dan mempelajari budaya Malaysia.
 
“Pengalaman ini sangat seru dan berharga. Saya belajar banyak hal baru, menambah wawasan, dan mendapatkan teman-teman luar biasa dari berbagai daerah,” kata Cintya.
 
Cintya berharap agar generasi muda, khususnya mahasiswa Unwar, tidak takut untuk mencoba berbagai ajang kompetisi atau program beasiswa. “Program apapun yang dapat menambah wawasan dan prestasi, patut untuk dicoba,” pesannya.
 
Sumber: NusaBali.com

 



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA