FEB Unwar Gelar Bakti Sosial Mahasiswa di Desa Paksebali, Klungkung.

Oleh : | Sabtu, 21 Oktober 2023 | Dibaca : 366 Pengunjung

FEB Unwar Gelar Bakti Sosial Mahasiswa di Desa Paksebali, Klungkung.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa (Unwar) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pemberdayaan masyarakat dengan menggelar Bakti Sosial Mahasiswa (BSM) di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung pada (21-22/10/23)

Bakti Sosial Mahasiswa FEB Unwar kali ini mengangkat tema "Membangun Jiwa Peka (Produktif, Edukatif, Kooperatif, dan Aktif)" sebagai upaya untuk merangsang jiwa peduli sosial dan aksi nyata di antara mahasiswanya. Bersama Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bakti sosial dimulai dengan pelepasan burung dara dan dilaksanakan penyerahan seperangkat alat kebersihan kepada perangkat desa setempat.

Ketua BEM FEB Unwar, I Putu Geri Purnawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini mencakup berbagai aktivitas, seperti membersihkan lingkungan, pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian alat tulis, penyuluhan kesehatan, serta dukungan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bakti sosial ini menjadi ajang mahasiswa untuk memberikan dampak positif pada masyarakat sekitarnya.

Wakil Dekan I FEB Unwar, I Made Setena, S.E., M.Agb, berharap bahwa kegiatan ini akan membantu memupuk kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan, karena pengalaman seperti ini memberikan pelajaran berharga yang tidak bisa ditemukan di dalam ruang kuliah. Ia menekankan pentingnya menjadi mahasiswa yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. "Jadi saat mereka di kampus mereka melakukan kegiatan akademis, tetapi ketika mereka berada di masyarakat mereka melakukan kegiatan kemasyarakatan yang terkait dengan menjaga lingkungan sekitarnya," Setena mengungkapkan.

Sementara itu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, memberikan apresiasi atas inisiatif FEB Unwar dalam melibatkan mahasiswa dalam kegiatan bakti sosial. Ia berharap bahwa mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dan pendidikan di masyarakat, terutama dalam hal perlindungan lingkungan dan peningkatan produktivitas UMKM. Suwirta berpesan kepada mahasiswa agar mereka memanfaatkan waktu yang singkat dengan sebaik-baiknya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di Desa Paksebali, yang pada akhirnya akan memperkuat komunitas dan lingkungan sekitarnya. "Tentu karena waktunya singkat saya berpesan mahasiswa ini bisa melakukan apa yang bisa dilakukan terkait dengan edukasi di Desa Paksebali ini agar bisa memperkuat masyarakatnya terutama dalam hal menjaga lingkungan dan tentunya meningkatkan produktivitas di bidang UMKM," pungkasnya.

Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa FEB Unwar di Klungkung tidak hanya menjadi pelajaran berharga bagi para mahasiswa, tetapi juga menciptakan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat setempat. Hal ini merupakan contoh konkret bagaimana perguruan tinggi seperti Unwar dapat berkontribusi dalam upaya pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat. 



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA