Prestasi Gemilang Diraih Kembali oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Perencanaan Unwar.

Oleh : | Kamis, 10 Juni 2021 | Dibaca : 1620 Pengunjung

Prestasi Gemilang Diraih Kembali oleh Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Perencanaan Unwar.

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa meraih prestasi pada perhelatan akbar Petra Civil Expo (PCE) 2021. Pada kompetisi ini, Prodi Teknik Sipil FTP Unwar mengirimkan 2 tim mahasiswa pada perlombaan Earthquake Resistance Design Competition (ERDC) dan 3 tim mahasiswa pada perlombaan Bridge Competition.
 
Pada perlombaan ERDC, peserta ditantang untuk mengajukan proposal rencana dan merancang maket bangunan gedung tahan gempa dengan menggunakan kayu balsa yang disimulasikan dengan uji getar pada frekuensi 1,5 Hz – 4 Hz dan amplitudo maksimal 8 cm. Total 65 tim dari universitas di seluruh Indonesia mengikuti ajang perlombaan ini dan hanya 15 Finalis yang lolos untuk tahap final diantaranya adalah Institut Teknologi Nasional Malang, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Warmadewa, Universitas Atmajaya, dan Universitas Kristen Petra. Setelah melaksanakan presentasi dan uji getar, hasil rekapitulasi panitia menyatakan Tim Universitas Warmadewa yang diwakili oleh mahasiswa atas I Dewa Ayu Mega Swari, Ni Wayan Ratna Kirani, dan I Made Agra Kusuma Adiningrat berhasil meraih Juara I dan juga berhasil meraih Juara II oleh tim mahasiswa atas nama I Made Pastika Yasa, A.A Gede Pria Utama, I Gede Saputra Indah Permana sehingga pada kompetisi ERDC ini, Universitas Warmadewa berhasil memperoleh penghargaan sebagai Best University.
 
Tidak jauh berbeda dari perlombaan ERDC, pada Bridge Competition yang diikuti oleh 77 tim dari universitas di seluruh Indonesia, peserta membuat maket jembatan dengan menggunakan kayu balsa sebagai material strukturnya yang nantinya diuji kekuatan dan tingkat efisiensinya oleh panitia penyelenggara dimana peserta akan tereliminasi sehingga menghasilkan 10 tim terbaik diantaranya Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh  November, Universitas Narotama Surabaya, Universitas Warmadewa, dan Universitas Islam Sultan Agung untuk maju pada tahap final dimana peserta diharuskan merancang jembatan dengan bentang 60 meter untuk langsung dipresentasikan. Hasil rekapitulasi panitia menyatakan bahwa tim mahasiswa Universitas Warmadewa yang diwakili oleh mahasiswa atas nama Kadek Arif Septiawan Putra, Made Putra Kimba Karmanta, dan I Putu William Purusotama Dhyana berhasil meraih Juara II.
 
Atas torehan prestasi ini, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa berhasil menambah koleksi trofi prestasi di bidang akademik-kemahasiswaan sekaligus semakin memotivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan terus mengasah kemampuan softskill juga hardskillnya sehingga pada saatnya nanti mampu menjadi sosok lulusan sarjana teknik sipil yang memiliki daya saing global.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa khususnya dan juga dosen pembimbing serta seluruh pimpinan FTP Unwar atas prestasi yang telah diraih dan ini merupakan suatu kebanggaan universitas. Ia berharap prestasi-prestasi yang diperoleh selama ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya. Ia juga mengatakan di antara semua fakultas yang ada di Unwar, memang FTP merupakan salah satu fakultas yang memiliki prestasi mahasiswa yang cukup menonjol. "Prestasi ini bukan hanya sekedar untuk kalian, tetapi ini sangat berarti bagi institusi karena setiap proses akreditasi, prestasi seperti ini yang selalu ditanyakan," ungkapnya.

Humas Unwar Melaporkan



BERITA LAINNYA

LIHAT ARSIP BERITA LAINNYA

 


https://theescapegoat.com/
situs slot maxwin