• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Badan Penjaminan Mutu (BPM)

  • 2609 Pengunjung

BADAN PENJAMINAN MUTU (BPM)
UNIVERSITAS WARMADEWA

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi BPM Unwar pada periode 2016-2020 dipimpin oleh Kepala BPM (I Wayan Gede Merta, SE, M.Si.) yang dibantu oleh Sekretaris (Drs. I Dewa Putu Sumantra, M.Si.) dan 3 (tiga) orang staf. Staf Bidang Dokumen dan Peraturan (Intan Saktiari, SH.), Staf Bidang IT (I Made Yogi Duwi Antara S.Kom) dan Staf Bidang Tata Usaha & Keuangan (Ni Kadek Ari Wirasmini).

 

SASARAN MUTU
BADAN PENJAMINAN MUTU
UNIVERSITAS WARMADEWA
Periode Tahun Ajaran : 2016 / 2017

  1. Pemantauan dan Evaluasi Internal (Monevin) proses pembelajaran minimal dua kali setahun.
  2. Pelaksanaan Audit Internal Sistem Penjaminan Mutu  minimal sekali setahun.
  3. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) minimal sekali setahun.
  4. Prodi terakreditasi _> B minimal 90%.
  5. Institusi Universitas Warmadewa terakreditasi A.
  6. Seluruh Fakultas, Biro dan Lembaga di Universitas Warmadewa lulus audit eksternal/surveillance tahun ke-2 Sistem Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (ISO 9001:2008).
  7. Memperbaharui Sistem Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (ISO 9001:2008) menjadi Sistem Manajemen Mutu Perguruan Tinggi (ISO 9001:2015).
  8. Asesmen Internal Prodi yang mengajukan akreditasi /  reakreditasi oleh BPM minimal 90%.
  9. Penerbitan media informasi dan komunikasi bidang penjaminan mutu Universitas Warmadewa Newsletter minimal dua kali setahun.
  10. Implementasi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) berbasis SIM-T minimal 75%.
  11. Pemantauan dan Evaluasi Internal (Monevin) anggaran berbasis kinerja minimal sekali setahun.

 

  

PERNYATAAN MUTU

Segenap pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Universitas Warmadewa menyatakan berkomitmen untuk membangun budaya mutu dalam rangka mengoptimalkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang profesional untuk mencapai visi Universitas Warmadewa menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang bermutu, berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan, dan kompetitif secara global.

Pernyataan mutu itu telas dideklarasikan pada hari sabtu, tanggal 5 april 2014 yang diikuti dengan penandatanganan Naskah Deklarasi membangun Budaya Mutu di Universitas Warmadewa oleh para pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni. Deklarasi ini berisi pokok-pokok pikiran untuk membangun budaya mutu dan mengoptimalkan sistem penjaminan mutu internal yang profesional untuk mencapai visi Universitas Warmadewa. Pokok-pokok pikiran tersebut telah dijabarkan berikut ini:

  1. Diperlukan komitmen segenap pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Universitas Warmadewa melalui tahapan pencapaian : Pra-Excellence Teaching University(2014-2018), Excellence teaching University(2019-2022), Pre-Research University(2023-206), Research University(2027-2030), Excellence Research University/World Class University(2031-2034) dengan saling bekerjasama, sagilik, saguluk, slunglung sebayantaka sebagai sebuah sebuah tim kerja yang solid.
  2. Semua komponen sumber daya Unwar mulai pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni diharapkan dapat mendukung dan memberikan kontribusi berdasarkan potensi, posisi dan peranan masing-masing bagi kemajuan dan daya saing lembaga serta lulusan.
  3. Menyiapkan penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan penguatan kapasitas, terutama sumber daya manusia, sarana prasarana dan manajemen mutu untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan global.
  4. Berkomitmen mengawal sistem penjaminan mutu internal secara konsisten dan berkesinambungan untuk mengembangkan kemampuan karakter dan kompetensi untuk meningkatkan daya saing lulusan.
  5. Segenap pimpinan, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni Universitas Warmadewa mempunyai kewajiban moral sebagai infrastruktur intelektual yang mengungkapkan dan menegakkan kebenaran melalui otonomi kampus dengan menjadi penghasil agen perubahan bangsa (Nation Change Agents) yang berkompeten dan berintegritas.
  6. Menyiapkan diri menjadi sumber daya manusia baik pompinan, dosen, karyawan, mahasiswa maupun alumni Unwar yang bermutu berintegritas dan berwawasan lingkungan kepariwisataan dengan menjunjung tinggi semangat kejujuran, kesederhanaan, demokratis dan kerakyatan, serta kebijaksanaan dari Ida Sri Kesari Warmadewa.

 

VISI

VISI Badan Penjaminan Mutu Universitas Warmadewa adalah terwujudnya sebuah badan penjaminan mutu yang profesional, berintegritas dan berwawasan lingkungan kepariwisataan yang mendukung pencapaian visi Universitas Warmadewa menjadi pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang bermutu, berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan dan kompetitif secara global pada tahun 2034.

 

Misi

Misi Badan Penjaminan Mutu Universitas Warmadewa yaitu membantu Pimpinan Universitas melakukan sistim manajemen mutu dalam mendidikin manusia dan masyarakat Indonesia dengan menyelenggarakan  sistem penjaminan mutu internal yang mencakup:

  1. Bidang pendidikan akademik, profesi, dan fokasi dalam kependidikan yang didukung bidang nonkependidikan untuk menghasilkan manusia unggul yang mengutamakan mutu, integritas dan berwawasan lingkungan kepariwisataan.
  2. Bidang penelitian untuk menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga yang menyejahterakan individu dan masyarakat pembangunan daerah dan nasional serta berkontribusi pada pemecahan global.
  3. Bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia masyarakat dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  4. tata kelola Universitas yang baik, transparan dan akuntabel dalam pelaksanaan otonomi perguruan tinggi.
  5. Kesadaran dan tanggung jawab akan budaya mutu pada seluruh pimpinan dan staf.
  6. Kualitas dan kompetensi sumber daya bidang penjaminan mutu Universitas, Fakultas, Pascasarjana dan prodi sehingga bisa bertugas mengawal penjaminan mutu secara profesional dan berintegritas.
  7. Perbaikan secara terus menerus dalam menjalankan sistem penjaminan mutu pendidikan.

KEBIJAKAN MUTU

Rektor beserta seluruh dosen dan karyawan Universitas Warmadewa bertekad menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang Bermutu Berintegritas Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan. dan kompetitif secara global pada tahun 2034 dengan selalu mengutamakan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang bermutu tinggi dan konsisten dalam upaya menghasilkan lulusan yang mampu mencapai standar mutu dan memenuhi harapan serta kepuasan pemangku kepentingan (stakeholder) dengan :

  1. Pengembangan dan penerapan sistem manajemen mutu yang berdasarkan Standar Penjaminan Mutu ISO 9001:2008 dan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-DIKTI)
  2. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang akademik yang berwawasan lingkungan kepariwisataan.
  3. Peningkatan kinerja melalui pencapaian sasaran mutu yang ditetapkan dan senantiasa melakukan perbaikan yang berkelanjutan dalam sistem manajemen mutu serta pengembangan sumber manusia yang :
  4. Informatif dan komunikatif
  5. Non-diskriminatif
  6. Tepat waktu dalam melakukan tugas
  7. Efektif dalam monitoring dan evaluasi mutu
  8. Gigih menciptakan suasana akademik yang kondusif
  9. Rajin, disiplin dan bertanggung jawab
  10. .Intensif mengembangkan Integritas diri dan lembaga
  11. Taat pada prosedur mutu dan instruksi kerja
  12. Ada perbaikan pelayanan yang berkesinambungan
  13. Selalu melaksanakan Tri Dharma dan tata kelola sistem manajemen modern berbasis teknologi dan informasi

Kebijakan mutu ini disampaikan untuk dipahami oleh pimpinan, dosen dan seluruh karyawan melalui pelatihan dan sosialisasi sesuai dengan program yang direncanakan. Kebijakan mutu ini secara berkala akan dievaluasi agar senantiasa sesuai dengan visi dan misi Universitas.

WEWENANG

  1. Melaksanakan pelatihan, konsultasi, pendampingan dari kerjasama di bidang penjaminan mutu.
  2. Mengambangkan sistem informasi penjaminan mutu akademik secara berkesinambungan
  3. Mendorong dan mengembangkan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu.
  4. Melakukan pembinaan dan koordinasi dengan Unit Penjaminan Mutu Fakultas dan Pascasarjana dalam penyelenggaraan Sistem Penjaminan Mutu.
  5. Mengembangkan dan melaksanakan audit mutu akademik internal terhadap fakultas, jurusan dan atau program studi.
  6. Memberikan rekomendasi dari hasil monitoring dan evaluasi internal sebagai bahan masukan bagi Rektor.

TUGAS

  1. Merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan.
  2. Melaksanakan penjaminan mutu dengan menerapkan manjemen kendali mutu.
  3. Menetapkan organisasi dan mekanisme kerja sistem penjaminan mutu.
  4. Merumuskan dan menetapkan standar mutu dengan meramu visi perguruan tinggi (secara dedukatif) dan kebutuhan stakeholder (secara indukatif).
  5. Membuat perangkat yang yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan penjaminan mutu.
  6. Memonitor dan mengevaluasi secara internal pelaksanaan sistem penjaminan mutu termasuk memonitor kepatuhan suatu unit kerja terhadap standar yang telah ditetapkan melalui evaluasi diri.
  7. Melakukan audit internal terhadap pelaksanaan penjaminan mutu oleh kolega eksternal yang merupakan suatu unit kerja terhadap unit di bawahnya yang menjadi tanggung jawabnya.
  8. Melaporkan pelaksanaan penjaminan mutu secara berkala.
  9. Mengevaluasi dan merevisi standar mutu melalui perbandingan (benchmarking) secara berkelanjutan.
  10. Melaksanakan kegiatan yang bersifat independen dan objektif untuk klarifikasi dan verifikasi guna mempertahankan dan meningkatkan mutu akademik sesuai dengan standar.
  11. Membantu unit kerja untuk memahami kondisinya dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam kebijakan, praktik, dan prosedur.
  12. Memberikan pelayanan konsultasi berupa pemberian saran atas permintaan klien.

PEDULI MUTU
INTEGRITAS DAN PROFESIONALISME

Hanya orang berkarakter teguh, berintegritas dan bijaksana dapat memimpin pemerintahan secara baik dan bersih.

(Kitab Bharata Yudha)

 

Tubuh dan pikiran terutama ditujukan untuk pencapaian jalan kebajikan. Tubuh dan pikiran harus melakukan bermacam-macam fungsi demi kebaikan masyarakat, bangsa dan negara. Fungsi sebagai Sevaka Dharma berarti menerapkan kebajikan dan integritas tanpa memperhitungkan kepentingan sendiri atau golongan, serta menggunakan tubuh dan pikiran untuk kebaikan orang banyak.

(Kitab Dharma Vahini)

 

Pangkal kesulitan terbesar bagi manusia tersembunyi dalam dirinya sendiri. Nafsu loba dan pengingkaran pada Integritas menyebabkan orang berlaku hina, tak dapat mencapai kebaikan yang dicita-citakan. Itu pula yang menyebabkan semua pengetahuan yang dikumpulkan sejak lama hilang. Kemudian tidak dapat dicari akhirnya habis tanpa meninggalkan bekas.

  • 2609 Pengunjung