• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Badan Penjaminan Mutu (BPM)

  • Dibaca: 847 Pengunjung

BADAN PENJAMINAN MUTU (BPM) UNIVERSITAS WARMADEWA

 img-20130302-00248.jpg

Bermutu, Berintegritas, Berwawasan Lingkungan

Alamat Laman LPM-Unwar: Http://lpmunwar.wordpress.com Facebook LPM: www.facebook.com/lpm.unwar

Sekretariat: Jl. Terompong No. 24 Tanjung Bungkak Denpasar Telp. 0361-223858 Psw 23, 0361-7486938, Fax 0361-235073 E-mail: suacana@gmail.com

Mutu dan Integritas

Mutu dan integritas bagi  perguruan tinggi menjadi sangat penting dan strategis. Unwar berkomitmen tidak hanya menghasilkan lulusan sarjana yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga membentuk generasi penerus yang memiliki integritas personal (sujana).

Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM PT) adalah untuk memelihara dan meningkatkan mutu perguruan tinggi secara  berkelanjutan, yang dijalankan oleh suatu perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu setiap perguruan tinggi termasuk Universitas Warmadewa (Unwar) mesti meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan (continuous quality improvement) melalui SPM PT ini.

Pendirian BPM-Unwar merupakan wujud kesadaran dan kepedulian Unwar akan pentingnya integritas dan mutu pendidikan. Pimpinan beserta civitas akademika Unwar menyadari dan peduli pada perubahan paradigmadari paradigma yang selalu tergantung pada pengawasan dan pengendalian vertikal oleh pemerintah, ke paradigma baru yaitu kemandirian/otonomi dalam melakukan pengawasan, pengendalian dan penjaminan mutu oleh perguruan tinggi itu sendiri (internally driven).

Status

BPM Unwar adalah sebuah badandi tingkat universitas yang bertugas membantu Rektor dalam pelaksanaan proses penjaminan mutu di Unwar. Badanini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor 893/ Unwar/ KP-02/ 2008 jo Surat Keputusan Rektor Nomor 630/ Unwar/ KP-02/ 2012jo Keputusan Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Nomor 140/YAS.KORPS/VI/2016 tentang Perubahan Keempat Organisasi Tata Kelola Kerja Universitas Warmadewa.

Visi

VISI BPM Unwar adalah terwujudnya sebuah organisasi penjaminan mutu akademik internal yang profesional untuk mencapai visi Unwar sebagai pusat pendidikan yang menghasilkan lulusan bermutu, berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Misi

  • Mendorong tumbuhnya kesadaran dan tanggung jawab akan budaya mutu pada seluruh sivitas akademika Unwar.
  • Meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia  BPM Unwar, UPM-F/Gugus Penjaminan Mutuagar dapatbertugas mengawal penjaminan mutu secara profesional dan berintegritas.
  • Mengembangkan inovasi dan kreativitas secara terus-menerus dalam menjalankan sistem penjaminan mutu pendidikan di lingkungan Unwar.

Tujuan

Tujuan kegiatan BPM Unwar adalah:

  • Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu akademik secara terus-menerus di lingkungan Unwar.
  • Menjamin implementasi kebijakan  akademik, standar akademik, peraturan akademik  serta manual mutu akademik.
  • Menjamin pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di Unwar telah sesuai dengan standar mutu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
  • Menjamin mutu akademik yang dimiliki mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh setiap jurusan dan/atau program studi.
  • Menjamin lulusan yang dihasilkan akan mampu mengembangkan diri serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Menjamin kepastian dan relevansi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan standar mutu serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Tugas

  • Merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di Unwar.
  • Membuat perangkat yang diperlukan untuk pelaksanaan sistem penjaminan mutu tri dharma perguruan tinggi di Unwar.
  • Menyusun kerangka acuan penjaminan mutu akademik di Unwar.
  • Menyusun buku pedoman penjaminan mutu akademik dan tata cara evaluasi internal terhadap pejaminan mutu akademik.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi sistem penjaminan mutu akademik di Unwar.
  • Memberikan rekomendasi kepada rektor dan unit-unit pelaksana akademik dalam rangka perbaikan proses penjaminan mutu akademik.

Fungsi

  • Melaksanakan pelatihan, konsultasi, pendampingan  dan kerjasama di bidang penjaminan mutu.
  • Mengembangkan sistem informasi penjaminan mutu akademik secara berkesinambungan.
  • Mendorong dan mengembangkan pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik disesuaikan dengan kondisi Unwar.
  • Melakukan pembinaan dan koordinasi dengan UPM-F/Gugus Penjaminan Mutudalam penyelenggaraan penjaminan mutu akademik di Unwar.
  • Mengembangkan dan melaksanakan  audit mutu akademik internal terhadap fakultas, jurusan dan/ atau program studi di lingkungan Unwar.
  • Melaporkan hasil evaluasi internal pelaksanaan penjaminan mutu akademik kepada Rektor.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi BPM Unwar pada periode 2016-2020dipimpin oleh Kepala BPM (I Wayan Gede Merta, SE, M.Si.) yang dibantu oleh Sekretaris(Drs. I Dewa Putu Sumantra, M.Si.) dan seorang staf(I Kadek Putrayana) Proses penjaminan mutu akademik di Unwar selanjutnya dilaksanakan secara berjenjang sampai Fakultas/Program Pascasarjana dengan dibentuknya Gugus Penjaminan Mutu (GPM)/Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPM-F) dan  Unit Penjaminan Program Pascasarjana (UPM-PPs). Berikut struktur organisasi pelaksana penjaminan mutu akademik di lingkungan Unwar. Dengan penerapan SPM  maka lulusan Unwar diharapkan memiliki daya saing, dalam bentuk kompetensi di bidangnya (competence), mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan (adaptability), memiliki kemampuan mengakses pengembangan ilmu (accessibility) serta memiliki  integritas/ karakter (personality) yang baik.

  • Dibaca: 847 Pengunjung