• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

100 MAHASISWA FH UNWAR IKUTI PELATIHAN LEGAL DRAFTING.

  • 30 Juli 2018
  • 95 Pengunjung
100 MAHASISWA FH UNWAR IKUTI PELATIHAN LEGAL DRAFTING.

Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pelatihan Pelaksanaan Penyusunan Peraturan Perundang-undangan (Legal Drafting) Tingkat Dasar yang bekerjasama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Bali di Ruang Sidang Sri Ksari II FH Unwar pada Senin, 30 Juli 2018. Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar, Dekan FH Unwar, Para narasumber, WD I, WD II, WD III FH Unwar, Dosen dilingkungan FH Unwar, dan Peserta Legal Drafting FH Unwar.

Dekan FH Unwar Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH, MH., dalam sambutannya menyampaikan Pelatihan Legal Drafting ini merupakan wujud implemantasi MoU antara FH Unwar dengan BPHN dan Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Bali. Tujuan dari pelatihan Legal Drafting adalah untuk meningkatkan kualitas lulusan FH Unwar khusunya mampu merancang peraturaan undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan desa, dan lain-lainya. Capaian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan sesuai dengan kurikulum, yaitu dengan memiliki kompetensi khusus di bidang legal drafting. Pelatihan ini dirancang untuk memeberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa agar bisa merancang Peraturan Undang-Undang sampai dengan Peraturan Desa. Seperti yang diketahui bahwa peraturan yang dibuat harus memilki unsur-unsur yuridis dan sesuai dengan nilai norma yang berlaku serta dapat diterapakan secara umum. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa FH Unwar sebanyak 100 orang selama 12 hari mulai 30 Juli 2018 sampai 11 Agustus 2018.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dalam sambutannya memberikan apresiasi positif kepada kegiatan ini karena FH Unwar telah menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang hukum yaitu legal drafting. Saat ini DIKTI telah menambah standar baru untuk borang akreditasi dimana awalnya dari 7 kriteria menjadi 9 kriteria. Standar 9 kriteria ini lebih banyak menakankan pada output dan outcome. Mahasiswa sebagai produk yang dihasilkan dari Perguruan Tinggi (PT) harus memiliki kualitas mutu dan kompetensi yang sesuai dengan visi misi dan nilai PT masing-masing. Sehingga setiap Fakuktas harus mampu menyusun program berdasarkan nilai yang menjadi ciri produk dari Unwar. Mahasiswa harus siap menjadi lulusan FH Unwar dengan memiliki kompetensi yang benar-benar dikuasai. Harapakan kompetensi alumni mampu diserap dan mampu bersaing dunia kerja. Oleh karena itu PT harus berkolaborasi dengan dunia industri dan pemerintah untuk melahirkan penerus bangsa yang baik dan berkualitas.

Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Andi Nurka, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Negara Indonesia adalah negara hukum, sehingga segala aspek kehidupan di negara ini harus berdasarkan hukum sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Dengan adanya peraturan tersebut bertujuan untuk mengantisapasi masalah yang timbul. Pelatihan Legal Drafting merupakan pelatihan untuk mengetahun tentang pembentukan instrumen hukum berupa peraturan hukum dan suatu keputusan. Peraturan yang dibuat harus sesuai dengan asas-asas yang berlaku yang hasilnya nanti berlaku keluar dan bersifat umum. Legal Drafting dalam penyusunannya wajib memperhatikan aspek pengayoman, kemanusiaan, kebangsaan, kebhinekaan, kesamaan kedudukan hukum, ketertiban dan kepastian hukum. Sehingga pelatihan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional.

Rektor Unwar yang diwakili WR I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kegiatan FH Unwar yang merupakan bagian dari implementasi kurikulum. Legal Drafting ini penting karena masih banyak peraturan yang tumpang tindih dan kontradiksi dengan peraturan lainnya. Sehingga perlu adanya sinergitas antara peraturan yang dibuat. Dengan pelatihan ini diharapan peserta serius dalam mengikuti pelatihan serta mampu menkolaborasikan dengan ilmu lain agar output dan outcome dapat tercapai. Selain itu dengan pelatihan ini mahasiswa mampu meningkatkan pengetahuan, wawasan serta nantinya mampu bersaing di dunia kerja.  Pelatihan Legal Drafting dilaksanakan selama 12 hari mulai 30 Juli 2018-sampai 11 Agustus 2018 dengan narasumber dari Kanwil Hukum dan HAM Prov. Bali, BPHN, dan Dosen di lingkungan FH Unwar.

Humas BAPPSIK melaporkan.

  • 30 Juli 2018
  • 95 Pengunjung

Lainnya

Pencarian