• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

PENGABDIAN MASYARAKAT FH UNWAR

  • 26 Juni 2018
  • 50 Pengunjung
PENGABDIAN MASYARAKAT FH UNWAR
Fakultas Hukum Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pengabdian pada Masyarakat di Desa Pekraman Krebelahan, Kertha Buana, Tianyar Barat, Kubu, Karangasem pada hari Sabtu dan Minggu, 30 Juni-1 Juli 2018. Acara dihadiri oleh Bupati Karangasem yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Dekan FH Unwar, Camat Kubu, Perbekel Tianyar Barat, Jro Bendesa Krebelahan, Babinsa Tianyar Barat, Ka. LPM Unwar, WD I FH, WD II FH, WD III FH, Dosen dilingkungan FH Unwar, masyarakat Desa Pekraman Krebelahan, dan mahasiswa peserta Pengabdian Masyarakat.
 
Dalam sambutannya Dekan FH Unwar, Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH, MH., menyatakan bahwa Pengabdian pada Masyarakat ini merupakan aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pemilihan Desa Pekraman Krebelahan sebagai tempat Pengabdian karena adanya permintaan Prajuru Desa agar peraturan atau awig-awig dapat dibantu untuk disuratkan dalam dua Bahasa, yaitu Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia. Untuk penyuratan Awig-awig, FH Unwar telah membantu beberapa Desa Pekraman seperti Desa Pasedahan dan Desa Siangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan Dosen dan Mahasiswa FH Unwar tentang keadaan masyarakat dan mampu berkontribusi dalam pembangunan masyarakat khusunya sesuai bidang ilmu hukum. 
 
Kegiatan Pengbadian Masyarakat selain diisi dengan penyerahan Awig-awig kepada Desa Pekraman, pengabdian diisi juga dengan kegiatan sosialisasi hukum tentang hukum perkawinan dan ahli waris, klinik hukum yang bertujuan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang memiliki masalah hukum, aksi penghijauan dengan penanaman 1000 pohon langka dan pohon kelapa gading, serta pemeriksaan dan pembagian kacamata gratis. 
 
Pada kesempatan yang sama, Bupati Karangasem yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM, dr. Priagung Duarsa, M.Repro., mengucapkan terima kasih atas kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kabupaten Karangasem. Kegiatan positif seperti penyuratan Awig-awig dan lain-lain diharapkan dapat membantu pembangunan desa di Karangasem. Kegiatan ini agar dimanfaatkan sebagai proses tranfers ilmu perkuliahan dari dosen dan mahasiswa kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu hukum. Proses pengenalan karakteristik masyarakat dan dinamikanya di lingkungan bertujuan untuk dapat mengembangkan potensi yang telah dimilki oleh setiap wilayah. Sehingga harapannya segala potensi masyarakat Desa Pekraman Krebelahan hendaknya dapat digali dan ditingkatkan dengan kegiatan pengabdian ini. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini agar tidak keluar dari koridor-koridor peraturan dan selalu berkordinasi dengan pimpinan desa dalam setiap kegiatannya. Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan pemberdayaan masyarkat dapat diwujudkan. 
 
Acara dilanjutkan dengan penyerahan Awig-awig yang langsung ditandatangani oleh Bendesa Desa Pekraman Krebelahan, Kelihan Banjar Krebelahan, Kelihan Banjar Ancut, Kelihan Banjar Tukad Luwah, yang disaksikan oleh Perbekel Tianyar Barat, dan Bupati Karangasem yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM.  Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan dana bantuan desa, pohon langka sebagai simbolis, dan alat olahraga dari Dekan FH Unwar didampingi Ketua Panitia kepada Bendesa Desa Pekraman Krebelahan, Tianyar Barat.
 
Humas BAPPSIK Melaporkan.
  • 26 Juni 2018
  • 50 Pengunjung

Lainnya

Pencarian