• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa

  • 12 Januari 2018
  • 108 Pengunjung
Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata " Program Pemberdayaan Masyarakat Tematik Kebencanaan" Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa pada Jumat, 12 Januari 2018 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama. Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali, Rektor Unwar, WR I, WR III, Ka LPM, Sekretaris LPM, Direktur Pascasarjana yang diwakili Sekretaris Pascasarjana Unwar, Dekan Fakuktas di lingkungan Unwar dan yang mewakili, Dosen pembimbing KKN, undangan dan seluruh peserta KKN FKIK Unwar.

Dalam laporannya panitia KKN PPM Tematik Kebencanaan FKIK Unwar bahwa kegiatan ini dilakasanakan sebagai salah satu pemenuhan kurikulum pendidikan yang harus dilaksanakan oleh siswa. KKN ini dilakasanakan di daerah Gunung Agung yang saat ini sedang mengalami erupsi. Harapannya dalam acara KKN mahasiswa dapat memberikan sumbangsih berupa edukasi dan pengabdian untuk masyarakat dan dapat memberikan yg terbaik untuk masyarakat.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan menjelaskan bahwa pendidikan dan pengabdian dilaksanakan untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat. KKN ini adalah amanat dari undang-undang untuk instansi pendidikan untuk mengatur, membuat dan melaksanakan KKN oleh lembaga sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan pendekatan kurikulum yang ditata dan dikelola secara baik dan bertanggung jawab. Perbedaan antara KKN dan KKL, dimana dalam KKL pelaksanaan menerapkan mono disiplin, sedangkan untuk KKN pelaksanaan menerapkan multi disiplin. Manfaat dari KKN untuk masyarakat adalah memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah di masyarakat, melalui KKN mahasiswa akan lebih dekat dan paham dengan persoalan yang terjadi di masyarakat dan dapat mengaplikasikan teori dan mengiplementasikannya dalam masalah di masayarakat. Masalah di masyarakat harus diselesaikan dengan multi disiplin. Contohnya seperti masalah yang dialami oleh warga Karangasem yang daerahnya dekat dengan lereng Gunung Agung yang saat ini sedang mengalami erupsi. Masyarakat yang terkena dampak erupsi langsung memiliki masalah tidak hanya pada bidang kesehatan, namun mengalami permasalahan pada bidang ekonomi dan sosial. Harapan dengan hadirnya mahasiswa di desa dapat mengatasi masalah dan tidak menjadi beban bagi masayarakat. Bekal pelatihan dan pengetahuan akademik agar diterapkan dalam pelaksanaan KKN demi menunjang program kerja yang telah direncanakan.

Dalam sambutannya Rektor Unwar mengapresiasi tema KKN PPM Tematik Kebencanaan sangat tepat, sesuai dengan keadaan alam Bali yang saat ini terkena musibah erupsi Gunung Agung. Agar KKN berjalan dengan baik dan masyarakat mendapat manfaatnya . Ada dua hal penting yang harus dilaksanakan dalam menunjang kegiatan KKN , yang pertama adalah kemampuan berkomunikasi. Sehingga timbul interaksi harmonis antara masyarakat dengan mahasiswa. Yang kedua adalah adanya rasa empati dalam diri mahasiswa sehingga lebih ekstra dalam membantu masyarakat. Satu pesan Rektor dalam pelaksanaan KKN agar melaksanakan kegiatan dengan baik tanpa menimbulkan masalah di mayarakat. Acara diakhiri dengan pemakaian atribut KKN oleh Rektor Unwar kepada perwakilan peserta KKN FKIK Unwar yang diikuti oleh seluruh peserta KKN dan dilanjutkan dengan foto bersama.

  • 12 Januari 2018
  • 108 Pengunjung

Lainnya

Pencarian