• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Unwar Gelar Internal Audit Quality Training Iso 9001-2015

  • 11 September 2017
  • 58 Pengunjung
    Unwar Gelar Internal Audit Quality Training Iso 9001-2015

Ajang Revolusi Mutu untuk Mencapai Visi Lembaga Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Internal Audit Quality Training ISO 9001-2015 dengan menggandeng instruktur dari PT Tuv Rheiland Indonesia di Ruang Widya Sabha Utama, Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali (YKKPB), pada Senin, 11 September 2017. Kepala BPM Unwar I Wayan Gede Merta, SE.,M.Si., menjelaskan, tujuan utama training ISO tersebut, untuk mewujudkan visi Unwar sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang bermutu, berintegritas, berwawasan lingkungan kepariwisataan, dan kompetitif secara global pada tahun 2034. Selain itu, kata dia, tujuan lainnya untuk persiapan reakrediatasi masinig-masing program studi, maupun institusi Unwar. “Kita sudah lakukan sosialisasi pada seluruh pimpinan. Para auditor yang sudah pernah mgnkuti AMAI, hari ini kita latihan untuk mengaudit berdasarkan ISO 9001-2015. Semoga kita tersertifikasi ISO 9001-2015,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unwar yang diwakili Warek I Nyoman Kaca menyampaikan, segala sesuatu yang ada di perguruan tinggi tidak bisa lepas dari rencana strategis (renstra) Ristekditki. Dijalaskannya, pada tahun 2010-2015, hal yang ditekankan dalam restra adalah akses, namun tahun berikutnya adalah mutu. “Renstra sekarang masuk tahun ke-3, sudah saatnya membudayakan mutu. Mutu itu ada di tata kelola, sebaik apapun sumber daya yang kita miliki, jika tata kelolanya tidak bagus, maka akan jangan mimpi bisa bermutu,” terangnya. Mengubah prilaku organiasai, kata Kaca, merupakan tantangan besar, untuk itu ia berharap seluruh pihak harus berlapang dada saat diaudit yang bersifat konstruktif. Menurutnya, para auditor internal di lingkungan Unwar harus mengumpulkan pengalaman-pengalaman training seperti ini, untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik. “Saat melakukan audit, saya minta sumber data harus valid, jangan hanya untuk memuaskan unit sendiri, sumber-seumber data audit lalu direkayasa,” tegasnya.

Lebih lanjut, Kaca memaparkan, sertifikat sama dengan ijazah. Ia berharap, sertifikat yang diraih Unwar berdasarkan proses nyata. “Jika kita dapat sertifikat namun prosesnya nggak bener, itu bukan tujuan kita,” kata dia. Kaca menambahkan, sertifikasi ini nantinya menjadi indikator ranking perguruan tinggi nasional. “Rangking adalah brand. Mulai sekarang mari kita mulai dengan mengubah budaya untuk maju, sehingga tonggak-tonggak capaian bisa kita raih,” imbuhnya. Sementara itu, Ketua YKKPB AA Gede Oka Wisnumurti mengaku mendorong seluruh jajarannya bekerja secara fungsional, bukan struktural, karena tantangan ke depan semakin berat. “Ini salah satu budaya kerja yang harus kita ubah, pelatihan ini bukti jika Unwar mengutamakan mutu di atas segalanya. Menjadi bermutu memang tidak mudah, tapi jika sudah bermutu, segala persoalan gampang diatasi,” sebutnya.

UPM dan SPI internal Unwar, kata Wisnumurti, adalah garda terdepan untuk menjamin mutu lembaga. Ia berharap kinerja auditor bersifat teamwork, tidak seperti sebelumnya yang terkesan berjalan sendiri-sendiri. “Dulu hasilnya nggak jelas. Kita beri SPI dan UPM untuk bicara di depan forum. Ini hasil evaluasi agar didengar semua pihak, ini bagian dari membangun budaya yang melembaga. Kalau jelek sampaikan di forum, kalau yang baik sampaikan di medsos. Ingat ada aspek kepantasan dan kepatutan dalam budaya komunikasi. Sudah saatnya kita revolusi mutu,” tutup Wisnumurti.

  • 11 September 2017
  • 58 Pengunjung

Lainnya

Pencarian