• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Reguler B

  • 10 September 2017
  • 327 Pengunjung
Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Reguler B

Universitas Warmadewa menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Reguler B Universitas Warmadewa Tahun 2017 dengan tema "Membangun Mahasiswa Warmadewa Yang Bermutu, Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan Berlandaskan Pancasila" pada Senin, 10 September 2017 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Acara dihadiri oleh Ketua dan Bendahara Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali, Rektor Universitas Warmadewa, Wakil Rektor I, II, dan III Unwar, Danrem 163 Wirasatya, Direktur dan Sekretaris Pascasarjana, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unwar, Kepala Lembaga dan Kepala Biro di lingkungan Unwar, para Pejabat Struktural di lingkungan Unwar, Presiden BEM , Ketua DPM, panitia Pusat dan panitia Mahasiswa. Ketua Panitia PKKMB Drs. I Wayan Sudemen, M.Si. mengatakan PKKMB Reguler B ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di perguruan tinggi khususnya di Unwar.

Tujuan dari PKKMB Unwar adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi atau penyesuaian dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. mengatakan PKKMB ini dilakukan untuk mempersiapkan dan mengakselerasi agar calon mahasiswa baru ini dalam masa transisi cepat menyadari akan tugas dan kewajibannya sehingga tidak mengalami apa yg kita sebut dengan proses tidak mampu menyelesaikan diri dengan kultur yg baru dari pendidikan menengah ke pendidikan tinggi, itu akan sangat berbahaya sekali kalau ada yg namanya mal adaptasi karena itu akan sangat mempengaruhi keberhasilan mereka dalam menyelesaikan studi. Disamping itu dengan situasi negara sekarang ini maka beberapa materi tambahan, misalnya bela negara kita benar-benar berika porsi yg cukup untuk diberikan orang yg tepat kepada mereka dari Kodam. Jadi kita berharap dengan pemateri yg teat maka saya berharap mereka menyadari akan dirinya bahwa mereka adalah warga negara yg wajib ikut membela negara.

Disamping itu juga materi-materi lain yg kita berikan antara lain tentang pendidikan tinggi tentunya oleh karena mereka akan masuk ke kultur baru ke pendidikan tinggi sehingga kita berharap mereka bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sebaik mungkin. Kita laksanakan PKKMB ini untuk Reguler B ini selama satu hari karena kebanyakan dari mereka sudah bekerja jadi kita memberikan toleransi kepada mereka untuk melakukan PKKMB. Harapannya walaupun satu hari saja kalau mereka intens mengikutinya saya kira hasilnya tidak akan mengecewakan. Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. mengatakan mahasiswa Reguler B ini merupakan alternatif pilihan bagi masyarakat Bali dan siapapun yg ingin kuliah sambil bekerja sehingga mereka yg sudah bekerja dan berkeinginan untuk mendapatkan dan menambah kapasitas intelektualnya mereka bisa mendapatkan kesempatan di Unwar melalui Reguler B.

Dalam PKKMB saya selalu berharap agar PKKMB ini dilaksanakan secara cerdas, manusiawi, dan humanis karena semangat PKKMB itu semangat pengenalan dan orientasi kampus, jadi yg perlu dilakukan adalah bagaimana mahasiswa baru sebagai anak baru yg masuk kerumah baru ini tau tentang isi rumahnya, tempat rumahnya, lokasi rumahnya, termasuk juga apa yg akan mereka lakukan selama mereka tinggal dirumah baru ini. Inilah sesungguhnya makna dari PKKMB, oleh karenanya tentu saya berharap panitia penyelenggara harus menghindari tindakan-tindakan irasional yg cenderung bodoh, kekerasan-kekerasan yg tidak perlu, dan sanksi-sanksi yg tidak mendidik karena bagaimanapun perguruan tinggi harus menjadi contoh bagi peningkatan kapasitas dan intelektualitas dalam setiap penyelesaian masalah.

Acara diisi dengan Pembekalan dan Ceramah Akademik dengan materi dan narasumber sbb: 1. Bela Negara dan Bangsa dengan pemateri Bapak Danrem 163 Wirasatya, Letkol I Gusti Bagus Wirasatya. 2. Pendidikan Tinggi di Indonesia dengan pemateri Rektor Unwar yg akan disampaikan oleh Wakil Rektor I Unwar, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si. 3. Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIM-T) Unwar dengan pemateri I Made Artawan, S.E., M.M.

  • 10 September 2017
  • 327 Pengunjung

Lainnya

Pencarian