• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Unwar Jaring 2.626 Mahasiswa Baru Terapkan Standar Mutu yang Kompetitif

  • 14 Agustus 2017
  • 604 Pengunjung
Unwar Jaring 2.626 Mahasiswa Baru Terapkan Standar Mutu yang Kompetitif

Meski berstatus perguruan tinggi swasata (PTS), Universitas Warmadewa (Unwar) tidak asal-asalan untuk menerima calon mahasiswa baru, hanya karena mengejar target kuantitas.  Para calon mahasiswa harus mengikuti sejumlah tes yang dibagi ke dalam dua gelombang.
Pada Sabtu (12/8) Unwar menggelar tes seleksi gelombang ke dua yang diikuti 740 calon mahasiswa dari 822 pendaftar sebelumnya. Demikian dikatakan Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E, SP.Park., di sela mamantau seleksi.
Widjana memaparkan, pada gelombang I, pendaftar menembus angka 2.880, sedangkan gelombang II berkisar diangka 822 pelamar. “Jika digabung pendaftar awal tembus angka 3.702, namun yang mendaftar kembali sekitar 2.626 orang. Jumlah ini akan meningkat sebelum pendaftaran ditutup akhir Agustus mendatang,” ujarnya.
Dengan demikian, kata Widjana, dibandingkan tahun ajaran sebelumnya, perolehanan mahasiswa baru di Unwar cukup stabil. Ia mengakui, seluruh PTS memang mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru pada tahun ajaran ini. “Semua PTS merasakan hal serupa, karena masih terjadi diktomi antar-PTN dengan PTS, tapi kita di Unwar sangat stabil. Tapi di sisi lain, khusus mahasiswa kedokteran, kita mengalami peningkatan. Lebih baik pelan-pelan tapi meningkat,” ucapnya.
Lebih lanjut Widjana menyampaikan, Fakultas Ekonomi Unwar masih menjadi favorit, disusul Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik. Sedangkan untuk Fakultas Sastra dan pertanian sudah menunjukkan peningkatan kendati tidak banyak.
Dalam kesempatan itu, Ketua Yayasa Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali Dr. Drs. AA Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyampaikan, seleksi masuk bagi calon mahasiswa baru rutin dilakukan tiap tahun, demi menjaring input yang berkualitas. “Kalau input sudah bagus, proses pembelajaran baik, maka output-nya otomatis bagus,” terangnya.
Berbicara mutu, menurut Wisnumurti akan dinilai oleh pihak eksternal atau stakeholder. Sehingga, pihak Unwar wajib melakukan pembenahan setiap saat, bahkan mulai hal-hal kecil yang dianggap sepele sekalipun.

  • 14 Agustus 2017
  • 604 Pengunjung

Lainnya

Pencarian