• Selamat Datang di Website Resmi Universitas Warmadewa - Bermutu, Berintegrasi dan Berwawasan Lingkungan Kepariwisataan - Jalan Terompong 24 Tanjung Bungkak, Denpasar, Bali, Indonesia - Email : info@warmadewa.ac.id - Telp. 0361-223858 - Fax. 0361-235073

Universitas Warmadewa menyelenggarakan Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa (KDKW) 2017

  • 05 Agustus 2017
  • 203 Pengunjung
Universitas Warmadewa menyelenggarakan Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa (KDKW) 2017

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa menyelenggarakan Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa (KDKW) 2017 pada Sabtu, 5 Agustus 2017 di Gedung F1 FKIK Unwar. Acara dihadiri Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Wakil Dekan III FKIK, Ketua Prodi Pendidikan Dokter FKIK, Dosen Pembimbing, Ketua BEM dan DPM LMFKIK, Ketua TBM Baswara Prada, Ketua Kelompok Ilmiah Aesculapius, Ketua Panitia KDKW, serta Pembina dan peserta KDKW 2017.

Wakil Dekan III FKIK Unwar dr. I Made Sarmadhi, MARS. mengatakan kegiatan Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa ini sudah yang ke-4 kalinya dilakukan oleh mahasiswa FKIK Unwar selaku penyelenggara. Maksud dan tujuan dari acara ini adalah kami ingin sejak awal masalah kesehatan itu atau perilaku hidup bersih dan sehat mulai ditanamkan sedini mungkin, yg pertama tentunya disamping dirumah secara institusi kami ingin mulai dari sekolah-sekolah, karena dari sekolah sudah ada yg namanya program UKS, jadi kami ingin event ini benar-benar nantinya menghasilkan anak-anak yg setelah kembali lagi kesekolahnya bisa menjadi
pioneer untuk melopori berperilaku hidup sehat dan bersih minimal di sekolah terlebih dahulu. Misalkan contohnya bagaimana menjaga kebersihan lingkungan sekolah, bagaimana juga secara perseorangan tentang penampilannya, berpakaian yg rapi dan bersih,  personil higent, bagaimana cara mencuci tangan yg benar agar mereka menjadi kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat. Dari tahun ke tahun kami berusaha untuk meningkatkan kualitas kompetisi ini baik dari segi jumlah peserta dan mutu materi yg diberikan benar-benar mengena untuk dijadikan bekal dan di viralkan di sekolahnya masing-masing. Dan setiap tahun kami akan usakan kegiatan ini supaya melalui kegiatan ini kita bisa dari awal sejak dini berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi  Bali dr. Adi Wiguna, M.Kes. mengatakan kami dari Diskes sangat mengapresiasi setiap kegiatan masyarakat yg mengedepankan upaya-upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dimana upaya ini bisa mengubah perilaku masyarakat dari yg tidak baik terhadap kesehatan menjadi baik sehingga kita harapkan nanti kepada masyarakat bisa mandiri, jika mereka sakit mereka bisa mengobati diri sendiri dan mencari pertolongan dokter kesehatan yg benar dan salah satu kegiatan Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa ini adalah upaya untuk bagaimana mereka bisa menjadi seorang kader di UKS yg siap untuk membantu teman-temannya di sekolah ketika mereka menghadapi masalah kesehatan di sekolah. Dan yg paling penting adalah mereka sebagai pemberi edukasi kepada teman-temannya untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kompetisi Dokter Kecil Warmadewa diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) se-Bali yang terdiri dari 166 peserta dari 26 SD (kelas 4-6) se-Bali yang terbagi lagi menjadi 54 team. Kompetisi ini dibagi menjadi 4 Babak yaitu Babak Penyisihan, Babak Penyuluhan, Babak P3K, dan Babak Final (LCC).

Daftar nama-nama Sekola Dasar yang ikut berpartisipasi dalam KDKW tahun 2017 : SD No 1 Kerobokan, SD 5 Tonja, SD N 12 Dauh Puri, SD N 22 Dauh Puri, SD Saraswati 2, SD Saraswati 3, SD Cipta Dharma, SD Widiatmika, SD N 11 Padangsambian, SDK Thomas Aquino, SD Muhammadiyah 2, SD Muhammadiyah 3, SD Saraswati 6, SD Santo Yoseph 1, SD 10 Peguyangan, SD N 8 Dauh Puri, SDK Harapan, SDN 3 Pedungan, SD Bali Public School, SD Saraswati 5, SD Raj Yamuna, SD Saraswati 4, SD Ana Putra, SD Taman Tirta, SD Jambe Agung.

  • 05 Agustus 2017
  • 203 Pengunjung

Lainnya

Pencarian