Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya Direct Marketing, Dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Nilai Penjualan Tiket Pada Bali Zoo

Anak Agung Wirmantara

Sari


Dalam upaya meningkatkan nilai penjualan, Bali Zoo Park melaksanakan berbagai jenis promosi yang terdiri dari biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan yang beberapa tahun terakhir ini mengalami pasang surut penjualan. Judul penelitian ini adalah :”Pengaruh Biaya Periklanan, Biaya direct marketing, dan Biaya Promosi Penjualan Terhadap Nilai Penjualan Tiket Pada Bali Zoo Park di Singapadu Gianyar”. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh secara simultan biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket?, Bagaimana pengaruh secara parsial biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket?, Variabel mana yang dominan berpengaruh dari biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket,Untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket,Untuk mengetahui Variabel yang dominan berpengaruh. Analisis data terdiri dari analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji F, t-test tegresi, analisis koefisien beta. Simpulan hasil penelitian adalah persamaan regresi linear berganda antara biaya periklanan, direct marketing, dan promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket adalah : Y = - 758.889.827,040 + 120,781 X1 + 61,758 X2 + 22,623 X3. Dari persamaan regresi linear berganda dapat dikatakan ada pengaruh yang positif secara simultan antara biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket atau dengan kata lain meningkatnya nilai penjualan tiket dipengaruhi secara simultan(serempak) oleh peningkatan biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan. Dari hasil uji F-test didapat F-hitung sebesar : 13,71 lebih besar dari F-tabel = 3,24 maka Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti memang benar ada pengaruh yang positif dan nyata(signifikan) secara simultan antara biaya periklanan, biaya direct marketing dan promosi penjualan dengan nilai penjualan tiket. Uji t-test regresi t1-hitung adalah 2,732, t2-hitung adalah 2,905, t3-hitung adalah 3,759 lebih besar dari t-tabel 2,120 pada daerah penolakan Ho, yang artinya memang benar ada pengaruh yang positif dan nyata antara biaya periklanan, biaya direct marketing, dan biaya promosi penjualan terhadap nilai penjualan tiket. Koefisien beta biaya periklanan (b1) adalah 0,383, koefisien beta biaya direct marketing (b2) adalah 0,399 koefisien beta biaya promosi penjualan (b3) adalah 0,508. Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel biaya promosi penjualan berpengaruh dominan terhadap nilai penjualan tiket.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.